Honda Urban SUV Concept
Honda Urban SUV Concept
Honda Urban SUV Concept
Mobil konsepnya sudah dipamerkan di Detroit, AS, dan akan diproduksi 2014.

Honda mematangkan rencana untuk memproduki sport utility vehicle (SUV) dengan mesin sama dengan yang dipakai generasi terbaru Jazz pada 2014 nanti.

Model konsep mobil ini sudah dipamerkan di ajang Detroi Motor Show pekan lalu dan memang pasar pertama yang dibidik adalah Amerika Serikat.

Honda sendiri lebih suka menyebut model ini sebagai subcompact crossover, jenis yang menggabungkan keunggulan sebuah SUV dan kenyamanan mengendara seperti sedan.

Varian ini nanti bukanlah versi Jazz yang lebih besar, namun satu spesies baru yang oleh Honda dikategorikan sebagai adiknya CR-V, jenis SUV Honda yang sudah lama diproduksi dan cukup mendominasi pasar global.

Model berjuluk Urban SUV Concept ini nantinya kemungkinan akan mengusung mesin 1.500cc dengan kemampuan 127 tenaga kuda. Design interior juga termasuk komposisi tempat duduk yang bisa dilipat rata ke lantai untuk baris kedua.

Generasi terbaru Jazz, atau Honda Fit di Amerika, dijadwalkan mulai dijual awal 2014, dan saudaranya yang berjenis crossover akan segera menyusul setelah itu, kata wakil presiden Honda di Amerika, John Mendel. Dua model itu akan diproduksi di pabrik baru Honda di Celaya, Meksiko.

CEO Honda Motor Takanobu Ito menyebut Jazz dan crossover itu nanti akan menjadi “kunci bagi pertumbuhan kontinyu kami di pasar global.”

Pada akhir tahun anggaran perusahaan yang jatuh pada 31 Maret ini, Honda menargetkan menjual 4 juta kendaraan secara global. Lalu pada Maret 2017, target itu naik ke 6 juta unit ditopang Jazz dan crossover, kata Ito.

Penulis: