Ilustrasi jalan tol

Jakarta - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) akan melaksanakan penawaran umum terbatas (rights issue) dengan menerbitkan saham baru maksimal setara 20 persen modal disetor.

“Rights issue paling cepat kuartal III tahun ini," kata Direktur Utama Citra Marga Jusuf Hamka kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (16/4).

Jusuf belum bersedia menyebutkan target dana dari hasil rights issue. Dia hanya mengatakan, dana tersebut akan dipakai untuk membiayai proyek jalan tol Depok-Antasari.

Sebelumnya, pada akhir 2012, Citra Marga melaksanakan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non- HMETD), dengan menerbitkan 200 juta saham baru atau setara 10 persen modal disetor. Emirates Tarian Global Ventures adalah pembeli saham tersebut. Harga pelaksanaan Rp 1.500 per saham. Dari non-HMETD, Citra Marga meraup dana sebesar Rp 300 miliar. Dana tersebut digunakan untuk mengembangkan bisnis jalan tol.

Tahun ini, Citra Marga membutuhkan dana Rp 3-4 triliun untuk proyek jalan tol Depok-Antasari. Selain dari rights issue, perseroan siap menggunakan kas internal yang saat ini sebesar Rp 1,5 triliun.

Citra Marga juga akan memanfaatkan dana hasil penerbitan obligasi sebesar Rp 400 miliar untuk pembiayaan awal tol Depok-Antasari. Kemarin, perseroan telah melakukan mini expose rencana emisi obligasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan demikian, sebelum rights issue, Citra Marga akan menerbitkan obligasi terlebih dahulu. “Obligasi akan diterbitkan paling lambat Juni (akhir kuar tal II) tahun ini,” ujar Jusuf.

Tahun ini, perseroan akan fokus menggarap proyek jalan tol Depok- Antasari sepanjang 21,7 kilometer (km). Pengerjaan proyek tersebut dilakukan oleh anak usaha perseroan, yaitu PT Citra Wassphutowa.

Selain tol Depok- Antasari, Citra Marga akan mengerjakan dua proyek tol di Bandung, Jawa Barat. Dua proyek tol itu terdiri atas Cisumdau (Cileunyi-Sumedang-Dauwan) dan Soreja (Soreang-Pasir Koja).

“Meski ada proyek lain, tahun ini kami fokus untuk proyek Depok- Antasari. Pendanaan proyek akan disiapkan secara ber tahap. Sedangkan proyek tol Cisumdau dan Soreja akan difokuskan pada 2014,” tutur Jusuf.

Investor Daily

Penulis: Eli/WBP

Sumber:Investor Daily