Ilustrasi indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia

Jakarta - PT Trias Sentosa Tbk mulai kuartal IV tahun ini akan menambah volume produksi untuk produk BOPP Film dari sekarang 52 ribu ton per tahun menjadi 82 ribu ton per tahun seiring dioperasikannya proyek perluasan BOPP Lini VI berkapasitas 30 ribu ton per tahun dengan investasi US$ 30 juta.

Dirut PT Trias Sentosa Tbk, Sugeng Kurniawan mengatakan penambahan kapasitas produksi BOPP Film ini diyakini akan mendongkrak penjualan perseroan baik di pasar domestik maupun ekspor yang tahun lalu mengalami penurunan karena tekanan harga akibat terjadi suplai berlebih (oversupply) di pasar.

Perseroan menargetkan tahun ini penjualan bisa mencapai US$ 200 juta.

"Saat ini kami tengah menyelesaikan proyek perluasan BOPP lini VI tersebut dan akan beroperasi pada kuartal IV tahun ini," ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Surabaya, Rabu (1/5).

Selain itu, beberapa proyek dengan total investasi US$ 8 juta yang telah dioperasikan mulai tahun lalu seperti penambahan mesin metalizing, peningkatan kapasitas gudang dan up-grade sistem SAP diharapkan juga memberi kontribusi bagi pertumbuhan penjualan tersebut. Karena dengan beroperasinya sejumlah proyek tersebut perseroan memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk bernilai tambah yang mampu berkompetisi di pasar yang memang persaingannya sangat ketat karena oversupply.

"Kami optimis tahun ini ada pertumbuhan 6% dan pada kuartal pertama tahun ini kami mencatat penjualan sebesar Rp 450 miliar," kata Sugeng.

Pada kesempatan itu, Sugeng juga mengatakan bahwa RUPST Trias Sentosa menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 28,080 miliar atau Rp 10 per lembar saham. Selain itu, juga disetujui pemanfaatkan laba tahun buku 2012 yang tercatat sebesar Rp 217 miliar, diantaranya sebagai cadangan sebesar Rp 1 miliar dan sebesar Rp 32 miliar sebagai laba disetor yang akan digunakan untuk bayar cicilan utang, keperluan modal kerja dan biaya operasional.

Investor Daily

Penulis: ROS/FMB

Sumber:Investor Daily