10 Pialang Berjangka Raih Penghargaan dari Majalah Investor

10 Pialang Berjangka Raih Penghargaan dari Majalah Investor
Wakil dari 10 Pialang Berjangka peraih penghargaan dari Majalah Investor berpose bersama CEO Beritasatu Media Holdings, Sachin Gopalan (duduk kiri), dan Pemred Majalah Investor, Primus Dorimulu (duduk kanan), 26 November 2013. ( Foto: Majalah Investor/ Uthan A Rachim )
/ WBP Selasa, 26 November 2013 | 20:15 WIB

Jakarta – Sebanyak 10 pialang berjangka komoditas yang menjadi anggota Jakarta Future Exchange (JFX) dan Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) meraih penghargaan dari Majalah Investor dengan predikat Pialang Berjangka Terbaik dan Teraktif.

Ketiga pialang berjangka komoditas yang meraih penghargaan terbaik berdasarkan kinerja keuangan tahun 2012 adalah PT Monex Investindo Futures, PT Megah Tama Berjangka, dan PT Gatra Mega Berjangka.

PT Monex Investindo Futures juga meraih penghargaan sebagai pialang berjangka teraktif dalam memperdagangkan kontrak berjangka emas (Gold) bersama PT Kontakperkasa Futures di posisi kedua. PT Kontakperkasa Futures juga tercatat sebagai pialang kedua teraktif dalam memperdagangkan olein. Sementara di posisi pialang teraktif yang memperdagangkan olein adalah PT Jalatama Artha Berjangka.

PT Philip Futures meraih tiga penghargaan sebagai pialang teraktif untuk kontrak gulir emas, kedua teraktif memperdagangkan kontrak minyak sawit mentah (CPO), dan kedua teraktif dalam mencatatkan transaksi multilateral. Sementara Millenium Penata Futures mencatat posisi kedua teraktif pialang kontrak berjangka emas gulir.

Sementara PT Optima Capital Futures tercatat sebagai pialang teraktif dalam perdagangan kontrak berjangka CPO. Untuk transaksi kakao, yang meraih penghargaan sebagai pialang teraktif adalah PT Soegee Futures yang juga tercatat sebagai pialang multilateral teraktif, dan PT Overseas Commercial Futures sebagai pialang teraktif kedua kontrak berjangka kakao.

Ketua Dewan Juri Pemeringkatan Pialang Berjangka 2013, Hasan Zein Mahmud mengatakan, pemeringkatan diperlukan untuk memberikan dorongan kepada perusahaan pialang berjangka. ”Setidaknya, hasil pemeringkatan bisa memotivasi perusahaan pialang lain agar semakin baik di tahun-tahun mendatang,” ungkap mantan direktur utama PT Bursa Berjangka Jakarta itu.

Lima Seleksi Awal
Dalam pemeringkatan pialang berjangka ini, tim juri menetapkan lima persyaratan seleksi awal untuk menyaring pialang berjangka komoditas yang akan diikutkan dalam pemeringkatan. Seleksi pertama, menyangkut kegiatan usaha perusahaan yang tidak dalam status dibekuan transaksi.

Kedua, aktif bertransaksi selama 12 bulan terakhir (Juli 2012-Agustus 2013). Ketiga, memiliki data keuangan yang lengkap. Keempat, laporan keuangan diaudit dan tidak mendapatkan opini disclaimer dan adverse dari akuntan publik. Kelima, tidak menderita rugi usaha selama dua tahun penilaian (2011 dan 2012).

Cukup banyak perusahaan yang terganjal dalam seleksi awal. Dari 70 perusahaan pialang berjangka, 58 perusahaan tersisih. Tiga perusahaan tidak lolos karena dibekukan, yaitu PT Central Asset Futures, dan PT Jireh Trillion Berjangka. Dua perusahaan dicabut izinnya (Artha Gading Futures dan Quantum Futures), satu non aktif (Universal Futures). Sebanyak 50 perusahaan pialang berjangka terganjal seleksi laba usaha positif.

Setelah seleksi awal, perusahaan pialang berjangka yang lolos seleksi kemudian diperingkat, dengan menerapkan tiga kriteria pemeringkatan. Ketiga kriteria itu adalah Total Asset Turn Over (TATO), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE). Dalam pemeringkatan ini, hanya 12 perusahaan pialang berjangka yang lolos seleksi awal dan layak diperingkat.

Berdasarkan hasil pemeringkatan, dewan juri menetapkan tiga perusahaan pialang berjangka peraih gelar ‘Pialang Berjangka Terbaik 2013 berdasarkan kinerja keuangan. Selain itu, juga ditetapkan pialang berjangka teraktif berdasarkan jenis kontrak komoditas yang diperdagangkan, dan pialang berjangka multilateral teraktif.

Pialang Berjangka Terbaik dan Teraktif 2013

Kategori Kinerja Keuangan Terbaik
1. PT Monex Investindo Futures
2. PT Megah Tama Berjangka
3. PT Gatra Mega Berjangka

Kategori Pialang Berjangka Multilateral Teraktif
1. PT Soegee Futures
2. PT Phillip Futures

Kategori Pialang Teraktif untuk Kontrak Berjangka Olein
1. PT Jalatama Artha Berjangka
2. PT Kontakperkasa Futures

Kategori Pialang Teraktif untuk Kontrak Berjangka Emas
1. PT Monex Investindo Futures
2. PT Kontakperkasa Futures

Kategori Pialang Teraktif untuk Kontrak Berjangka Emas Gulir
1. PT Phillip Futures
2. PT Millenium Penata Futures

Kategori Pialang Teraktif untuk Kontrak Berjangka CPO
1. PT Optima Capital Futures
2. PT Phillip Futures

Kategori Pialang Teraktif untuk Kontrak Berjangka Kakao
1. PT Soegee Futures
2. PT Overseas Commercial Futures

Sumber: Pemeringkatan Pialang Berjangka Terbaik Tahun 2013 – Litbang Majalah Investor

 

 

Sumber: PR
CLOSE