Gandeng Kioson, Mitra Komunikasi Perkuat Distribusi Online

Direktur Utama PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) Jefri Junaedi saat paparan publik usai RUPST di Jakarta, Senin (19/6/2017) (Beritasatu Photo/Uthan A Rachim)

Oleh: Whisnu Bagus Prasetyo / WBP | Senin, 19 Juni 2017 | 23:17 WIB

Jakarta - Emiten yang bergerak pada penjualan gadget dan voucher, PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) menggandeng perusahaan e-commerce melalui layanan online to offline(O2O), Kioson dengan melakukan investasi sebesar Rp 6 miliar. Aksi korporasi ini untuk memperkuat distribusi online channel.

"Sinergi ini akan memperkuat bisnis perusahaan pada perdagangan smartphone dan tablet, hingga voucher," kata Direktur Utama Mitra Komunikasi, Jefri Junaedi usai paparan publik perseroan di Jakarta, Senin (19/6).

Dengan investasi ini, maka Mitra Komunikasi resmi memiliki 4,94 persen saham dari Kioson.

Menurutnya, keberadaan Kioson dalam struktur bisnis perusahaan akan membantu distribusi penjualan. Mitra Komunikasi yang memiliki produk gadget berskala global dan jaringan offline luas sangat cocok digabungkan dengan bisnis utama Kioson yang berplatform digital O2O. ”Untuk kontribusi mungkin masih kecil. Ini langkah antisipasi kami menghadapi era digital,” kata Jefri.

Sementara CEO Kioson, Jasin Halim mengatakan, suntikan modal dari Mitra Komunikasi akan digunakan untuk menambah jumlah kios di seluruh Tanah Air. Perusahaan bertekad melipatgandakan kios menjadi 100.000 unit dari saat ini 15.000 unit. Selian itu, dana segar ini juga akan digunakan untuk mengembangkan berbagai fitur dan layanan di platform. Hingga kini, Kioson bisa memfasilitasi sekitar 500.000 transaksi setiap bulannya. ”Sinergi tentu menguntungkan kedua belah pihak. Jadi, kami akan memperkuat infrastruktur supaya berkontribusi lebih kepada Mitra Komunikasi,” tutur dia.

Kioson sendiri merupakan layanan yang memungkinkan masyarakat berbelanja online seperti penjualan pulsa, pembayaran tagihan, hingga aktivitas transfer antarbank. Sebagai gambaran, Kioson telah menjadi agen Laku Pandai bagi Bank Sinarmas dan BNI, hingga menghadirkan produk-produk di e-commerce seperti Tokopedia, elevenia, serta Berrybenka. Selain itu, Kioson menghadirkan layanan pembiayaan untuk mitra pedagang, pembeli, serta para pengemudi layanan transportasi online Uber.

Sementara Sekretaris Perusahaan Mitra Komunikasi, Ornella Bartin mengatakan, Mitra Komunikasi Nusantara hingga Mei 2017 mencatat penjualan sebesar Rp 2 triliun dari target sepanjang tahun ini sebesar Rp 6 triliun.  Untuk mencapai target tersebut, perseroan menyiapkan sejumlah langkah strategis seperti memperkuat operasi penjualan prepaid voucher dan sim card Telkomsel pada tiga wilayah utama yaitu Jawa, Sumatera, dan Bali. Selain itu, mendorong peningkatan penjualan voucher paket data khususnya denominasi besar Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Sekadar diketahui, sepanjang kuartal pertama 2017 perusahaan membukukan penjualan bersih Rp 1,055 triliun. Laba meningkat menjadi Rp 7,9 miliar atau 203 persen dari laba bersih periode sama tahun lalu Rp 2,6 miliar.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT