Warga Petogogan, Jakarta Selatan yang menyelamatkan barang-barang akibat banjir melanda daerah tersebut.

Jakarta - Pembenahan kampung terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bulan Juni mendatang, wilayah Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menjadi tempat pertama yang akan dibangun kampung deret dengan menggunakan dana APBD.

Berdasar sosialisasi yang dilakukan pihak pemerintah Jakarta Selatan, sebanyak empat RT akan dilakukan penataan kampung deret tersebut, yaitu RT 8, 10, 11, 12, dan RW 05.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), pembangunan akan dimulai pada bulan Juni. Saat ini proses lelang masih berlangsung dan pembangunan diperuntukkan bagi 262 KK dan ada 900 warga yang semuanya pun sudah setuju.

"Sosialisasi lapangan terus disampaikan. Meskipun sudah dilakukan oleh camat dan wali kota. Nanti saya cek sampai akhir sampai semuanya setuju," ujar Jokowi di Balai Kota, Jumat (10/5).

Menurut Jokowi, rehabilitasi kampung tersebut akan dilakukan selengkap mungkin dengan adanya ruang terbuka hijau, drainase yang digarap dengan baik, serta ruang kreatif masyarakat seperti perpustakaan.

"Setiap rumah, diberi maksimal rehabilitasinya, 36 meter persegi, 1 meter diberi Rp 1,5 juta. Karena rumahnya hanya 3x4 ada 4x5 dan lain-lainnya. Jadi yang dikerjakan hanya rumah sebesar itu," katanya.

Sementara mengenai tempat tinggal warga saat pembangunan dilakukan, disebutkan Jokowi, warga sudah mengetahui dan bisa mengurusnya sendiri. Kendati demikian, harus ada proses-proses seperti dialog, musyawarah, dan hal lainnya yang dilalui.

Suara Pembaruan

Penulis: DMP/NAD

Sumber:Suara Pembaruan