Warga menaiki eskalator saat uji coba Terminal Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (3/3). SP/Joanito De Saojoao.
Angkutan kota Metro Mini memasuki jalur kedatangan, saat uji coba Terminal Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (3/3). SP/Joanito De Saojoao.
Penumpang turun saat uji coba Terminal Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (3/3). SP/Joanito De Saojoao.

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan revitalisasi Terminal Manggarai di Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (16/4).

Terminal Manggarai merupakan salah satu terminal yang direvitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta yang rampung tahun ini. Biaya pembangunannya sebesar Rp 12,5 miliar.

Meskipun masih diperlukan penyempurnaan, seperti koneksi dari terminal bus ke stasiun kereta api Manggarai, tetapi terminal itu sudah bisa digunakan.

"Semuanya akan terkoneksi juga dengan stasiun. Koneksinya sudah ada, tetapi belum dibangun," kata Jokowi usai peresmian.

Jokowi mengatakan, apabila koneksi tersebut sudah terbangun, maka akses di terminal Manggarai baik menuju halte TransJakarta maupun stasiun kereta akan lebih baik.

"Tahun ini semua terminal akan seperti ini. Fasilitasnya juga. Terminal besar seperti Kampung Rambutan, Kampung Melayu, Kali Deres harus rapi dan bersih," katanya.

Prototipenya pun, kata Jokowi tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah ada saat ini seperti Manggarai ini. Ada eskalator dan juga bersifat modern.

"Tetapi harus didukung oleh perilaku masyarakat yang harus sadar. Karena yang sulit diubah adalah perilakunya," kata Jokowi.

Suara Pembaruan

Penulis: D-14/NAD

Sumber:Suara Pembaruan