KAI Daop 1 Jakarta Ubah Dua Relasi KA Lokal

KAI Daop 1 Jakarta Ubah Dua Relasi KA Lokal
Ilustrasi kereta api. ( Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin )
Thresa Sandra Desfika / WBP Rabu, 1 Februari 2017 | 15:34 WIB

Jakarta- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta bakal mengubah dua relasi kereta api (KA) lokal mulai 9 Februari 2017. Relasi yang diubah Jakarta Kota-Cikampek dan Jakarta Kota-Purwakarta menjadi relasi Tanjung Priok-Cikampek dan Tanjung Priok-Purwakarta.

"Perubahan relasi KA lokal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan penumpang dan lalu lintas KA di Stasiun Jakarta Kota," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto dalam siaran persnya, Rabu (2/1).

Dia mengatakan, jumlah penumpang KA lokal saat ini di Stasiun Jakarta Kota bisa mencapai 4.000 orang per hari. Kondisi itu diperparah lantaran lalu lintas penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek di stasiun tersebut mencapai 30.000 orang per hari. "Sedangkan jumlah perjalanan KA di Stasiun Jakarta Kota bisa mencapai 454 perjalanan KA dalam satu hari. Terlalu padatnya penumpang di Stasiun Jakarta Kota, tentunya akan membuat tidak nyaman," kata Suprapto.

Pertimbangan lainnya karena PT KAI ingin mengoptimalkan kembali keberadaan Stasiun Tanjung Priok. Dengan dialihkannya jadwal stasiun awal pemberangkatan KA lokal Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Purwakarta dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Tanjung Priok diharapkan Stasiun Tanjung Priok kembali menggeliat.

Rangkaian KA lokal Tanjung Priok-Cikampek dan Tanjung Priok-Purwakarta terdiri atas delapan gerbong ekonomi, dengan jumlah tempat duduk 848 kursi. KA ini mempunyai kapasitas angkut 1.272 penumpang dengan batas toleransi 150 persen dari tempat duduk. Selain itu, terdapat 10 perjalanan KA yang dijalankan tiap harinya. Adapun tarifnya berkisar antara Rp 5.000-Rp 6.000 per penumpang tergantung tujuan.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE