Menhub: Kereta Bandara Soekarno Hatta Beroperasi Desember

Pekerja melakukan pemasangan kabel Listrik Aliran Atas (LAA) di proyek pembangunan kereta bandara Soekarno Hatta di kawasan Blendung, Tangerang, Banten, 9 Agustus 2017. (Antara/Muhammad Iqbal)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / FMB | Selasa, 21 November 2017 | 14:38 WIB

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) memperkirakan pengoperasian Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) baru dimulai pada awal Desember 2017 atau mundur dari target 25 November 2017. Regulator mengundur waktu pengoperasian kereta bandara untuk memastikan penyelenggaraan fasilitas baru tersebut berjalan lancar nantinya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, sudah memberikan arahan kepada jajarannya dan pemangku kepentingan, agar uji coba Kereta Bandara Soetta dimulai pada pekan ini. Uji coba dilakukan demi memastikan kereta bandara layak mengangkut penumpang. Lantaran baru akan diuji, maka pengoperasian kereta tersebut untuk khalayak umum batal dimulai pada 25 November 2017.

"Kereta bandara saya minta supaya uji coba dalam seminggu ini. (Pengoperasiannya) mungkin kami undur dikit sampai tanggal 1 atau 2 Desember 2017," terang Menhub di Jakarta, Selasa (21/11).

Menurut Budi, uji coba dilaksanakan guna mengetahui sistem persinyalan berjalan baik, dan memastikan slot Kereta Bandara Soetta tersedia serta tak berpengaruh besar terhadap perjalanan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek yang sudah ada.

"Terus beberapa tempat (stasiun) juga ada pembebanan tertentu. (Uji coba) ini supaya semuanya berjalan lebih lancar," imbuh Budi.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT