Ilustrasi Samsat

Jakarta - Jika tak ingin direpotkan dengan urusan Surat Izin Mengemudi (SIM)  maka jangan menunggu masa berlaku SIM Anda habis. Peraturan Kapolri Nomor 9 2012 tertanggal 5 Februari 2012 tentang registrasi dan identifikasi pengemudi mengatur ketentuan baru.

Khususnya pasal 28 ayat 2 dan 3 yang menyatakan apabila seseorang mengurus perpanjangan SIM miliknya setelah masa SIM miliknya habis masa berlakunya, maka dia diwajibkan untuk mengikuti uji teori dan praktik lebih dahulu atau disamakan dengan mengurus SIM baru.

”Ini memang (aturan) baru dan akan resmi diberlakukan pada 1 Maret nanti. Ini adalah upaya Polri dalam menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang fatal,” kata Kabag Penum Polri Kombes Agus Rianto di Mabes Polri Senin (18/2).

“Kalau mengurus sebelum SIM mati, tak perlu uji (teori dan praktik) ulang lagi,” imbuhnya.

Sedangkan syarat-syarat lainnya masih sama seperti  pemohon SIM A berusia 17 tahun, mengikuti ujian teori dan bila lulus baru mengikuti ujian  praktek  sesuai dengan jenis SIM yang dikehendaki.

Selama ini SIM dinyatakan tidak berlaku apabila habis masa berlakunya 5 tahun, rusak, digunakan orang lain, diperoleh dengan cara tidak sah, dan data yang ada pada SIM diubah.

Penulis: Farouk Arnaz/FER