Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberikan pidato politik

Jakarta - Walau dua kader PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Jokowi), sudah dimasukkan sebagai bagian dari capres terkuat 2014 versi purnawirawan TNI, namun partai banteng merah itu masih menahan diri untuk bicara soal calon sebenarnya.

Seperti yang diungkapkan Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Politik, Puan Maharani, partainya memiliki mekanisme bahwa calon presiden diputuskan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Kita tak mau berandai-andai siapa yang akan maju dalam pilpres. Kita tunggu saja keputusan ketum," kata Puan di Jakarta, Jumat (15/3).

Dia melanjutkan pihaknya juga mengikuti survei-survei yang dilaksanakan sejumlah lembaga eksternal partainya soal capres potensial, dimana Megawati dan Jokowi termasuk calon terkuat. Pihaknya mengapresiasi dalam konteks bahwa PDI Perjuangan memang masih memiliki nama-nama yang punya potensi dan berkualitas dalam pilpres.

Sementara terkait pertemuan SBY dengan tujuh purnawirawan jenderal TNI, dimana enam nama capres disodorkan, PDI Perjuangan melihatnya sebagai hal biasa, yakni silaturahmi sekaligus komunikasi politik.

"Kalau ada masukan, ada wacana atau agenda berkaitan dengan masa depan bangsa, kalau positif ya harus diterima," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebut telah diserahi enam nama calon presiden potensial di Pilpres 2014 oleh 7 orang purnawirawan Jenderal TNI yang diundangnya pada Rabu (13/3) lalu.

Selain Megawati dan Jokowi, nama lain yang disebut sebagai figur capres di 2014 nanti oleh ketujuh jenderal itu adalah Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, dan Mahfud MD.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho

Profil Parpol
NASDEM
NASDEM
PKB
PKB
PKS
PKS
PDIP
PDIP
GOLKAR
GOLKAR
GERINDRA
GERINDRA

DEMOKRAT
DEMOKRAT
PAN
PAN
PPP
PPP
HANURA
HANURA
PBB
PBB
PKPI
PKPI