Logo Partai Demokrat

Jakarta - Sempat tersendat urusan pemilihan ketua umum, Partai Demokrat nyatakan siap menyerahkan daftar calon legislatif sementara (DCS) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Saat ini Partai Demokrat (PD) kata Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik sedang memprosesnya.

"Ya kita serahkan, sedang diproses sekarang ini. Kan itu menyerahkannya sembilan sampai 22, kan boleh tanggal 21. Tak usah buru-buru. Kita yang jelas sudah tenang sudah ada ketua umum, tinggal didaftarkan," kata Jero Wacik di kantor presiden, Jakarta, Selasa (2/4).

Sementara, struktur baru yang dibentuk Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kata dia akan segera diserahkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Hal tersebut disampaikan Jero setelah sebelumnya wacana hambatan penyerahan DCS dari PD pasca pengunduran diri Ketua Umum Anas Urbaningrum. Namun setelah SBY dinaikkan menjadi ketua umum hal tersebut tak lagi menjadi masalah bagi partai ini sebab DCS harus mendapatkan tanda tangan ketua umum dan sekjen.

"Yang jelas sudah tenang punya ketua umum, ya beres sudah," lanjutnya.

Jero menambahkan sekitar 2.000 nama caleg sudah masuk ke partainya dan diseleksi hingga tinggal 560 orang.

"Mudah-mudahan partai ini akan semakin baik," kata dia lagi.

Adapun formasi baru dalam PD yaitu diangkatnya ketua harian untuk menjalankan keseharian ketua umum yaitu Syarief Hasan dan ketua dewan pembina harian E.E. Mangindaan sementara Marzuki Alie menjadi wakil ketua Majelis Tinggi. Jero tetap menjadi sekretaris Dewan Pembina dan Majelis Tinggi. Selain itu SBY juga membentuk formatur untuk pengurus yang diketuai langsung oleh dirinya dan beranggotakan Jero Wacik, Syarief Hasan, Max Sopacua dan Nurhayati Ali Assegaf.

Penulis: Ezra Sihite

Profil Parpol
NASDEM
NASDEM
PKB
PKB
PKS
PKS
PDIP
PDIP
GOLKAR
GOLKAR
GERINDRA
GERINDRA

DEMOKRAT
DEMOKRAT
PAN
PAN
PPP
PPP
HANURA
HANURA
PBB
PBB
PKPI
PKPI