Hatta Rajasa.

Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) rencananya akan menyerahkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota Legislatif pada 15 April mendatang. Sebelumnya, akan dilakukan rapat internal yang akan dihadiri oleh seluruh pengurus Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN se-Indonesia di Jakarta guna mengecek kesiapan DCS tersebut. Setelah itu, barulah DCS diserahkan ke KPU serentak seluruh Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Taufik Kurniawan dan Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan di kantor DPP PAN jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

“Saat ini yang mendaftar mencapai 1.000 lebih, sementara hanya 560 yang akan di daftarkan ke KPU. Maka dari itu, akan ada seleksi tahap akhir,” kata Hatta Rajasa.

Seleksi terakhir ini, kata Hatta Rajasa, tentunya untuk memenuhi jumlah kursi di setiap daerah pemilihan (dapil). Karena, ada di beberapa dapil pendaftarnya melebihi jumlah kuota kursi yang ditetapkan, seperti di Aceh, jumlah kursinya hanya 9, sementara yang mendaftar mencapai 19 orang.

“Tentu seleksi terakhir akan dilakukan sebaik mungkin, karena kita DPP punya ukuran-ukuran yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Hatta Rajasa juga memperkenalkan anggota baru PAN yang baru saja bergabung yaitu, Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida. La Ode Ida akan dicalonkan untuk caleg DPR RI dari dapil Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Malam ini saya akan perkenalkan Pak La Ode Ida yang resmi bergabung ke PAN, dia merupakan tokoh nasional yang tentunya masyarakat dan kader sudah mengenalnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan mengatakan, sengaja mengumpulkan para pengurus DPW seluruh Indonesia untuk mengecek kesiapan DCS hari ini. Untuk penentuan nomor urut sendiri, PAN punya kriteria di masing-masing dapil. Penyusunan nomor urut juga akan berlangsung secara fair.

“Kita akan melihat bobot dari masing-masing kandidat yang ada di daftar, baru kemudian ditentukan nomor urutnya,” ujarnya.

Suara Pembaruan

Penulis: R-14

Sumber:Suara Pembaruan

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI