Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra (kiri) dan Ketua Umum Partai Bintang Bulan (PBB) MS Kaban (kanan) berjabat tangan seusai hadir dalam sidang di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (6/8).

 Jakarta - Partai Bulan Bintang (PBB) siap menyerahkan daftar calon sementara (DCS) calon anggota legislatif (caleg).

Sebelum penyerahan, DCS akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Ketua Majelis Syuro PBB, Yusril Ihza Mahendra. Hal itu disampaikan Ketua Umum PBB MS Kaban di Jakarta, Rabu (17/4).

"Yang jelas DCS sudah final. Kita tinggal konsultasikan dengan Yusril . Kemungkinan tanggal 22 April nanti baru kita serahkan DCS ke KPU,” kata Kaban.

Kaban lantas mengemukakan sejumlah kendala persyaratan caleg. Dikatakan, caleg-caleg PBB di daerah kesulitan memenuhi persyaratan KPU Daerah.

"Kesehatan rohani saja harus ke rumah sakit jiwa. Padahal tidak semua daerah punya rumah sakit jiwa. Belum lagi persyaratan bahwa caleg harus terdaftar sebagai pemilih, ternyata Panitia Pemungutan Suara saja belum dilantik. KPU bikin peraturan yang tidak siap dijalankan,” ungkapnya.

"Biaya cek narkoba pun sangat bervariasi mulai dari Rp150 ribu sampai Rp1 juta. Rumah sakit untuk lakukan cek narkoba harus sesuai yang direkomendasikan KPU Daerah. Apakah KPU Pusat memantau itu semua?” tukasnya.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6/FER

Sumber:Suara Pembaruan

Profil Parpol
NASDEM
NASDEM
PKB
PKB
PKS
PKS
PDIP
PDIP
GOLKAR
GOLKAR
GERINDRA
GERINDRA

DEMOKRAT
DEMOKRAT
PAN
PAN
PPP
PPP
HANURA
HANURA
PBB
PBB
PKPI
PKPI