Ilustrasi pendaftaran Caleg Gerindra

Jakarta - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) optimis raih 22 kursi dari 106 kursi DPRD DKI yang akan diperebutkan pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014.

Ketua DPD DKI Partai Gerindra M Taufik mengatakan dari 500 orang yang mengambil formulir, hanya 297 orang yang mengembalikan formulir pendaftaran calon legislatif (caleg). Kemudian dari 297 orang tersebut, dilakukan verifikasi faktual, proses seleksi mulai dari wawancara, tingkat elektabilitas hingga legalisasi ijazah.

"Kita lakukan proses verifikasi faktual dan proses seleksi yang cukup lama. Mulai dari 28 Februari hingga 17 April, kita lakukan proses seleksi. Bahkan kami minta bantuan sama mahasiswa untuk melihat tingkat elektabiltas di masyarakat. Kita mau lihat kedekatan bakal caleg ini di tengah-tengah masyarakat," kata Taufik di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat (21/4).

Diungkapnnya, 106 caleg yang didaftarkan hari ini dengan komposisi 60 persen dari masyarakat dan 40 persen dari struktur partai. Mayoritas caleg yang lolos verifikasi sebanyak 90 persen dikuasai generasi muda yang berumur dibawah 40 tahun.

Kemudian, dari total jumlah tersebut, 78 persen caleg merupakan lulusan perguruan tinggi, 22 persen merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Caleg yang didaftarkan ke KPU Provinsi DKI Jakarta juga termasuk enam anggota DPRD Fraksi Gerindra.

"Mereka semuanya turut mendaftar. Keenam anggota dewan di DPRD DKI juga masuk dalam daftar caleg," ujarnya.

Mengenai peluang Partai Gerindra dalam Pemilu Legislatif 2014, Taufik menegaskan partainya akan keluar sebagai pemenang. Ditargetkan, Partai Gerindra dapat meraih 22 kursi dari 106 kursi yang diperebutkan.

"Target 2014, kita pasti menang. 22 kursi target yang pasti kita raih. Saya minta seluruh caleg untuk mulai menyosialisasikan dirinya kepada masyarakat. Nomor urut tidak menentukan terpilih atau tidak terpilihnya caleg. Justru yang menentukan upaya keras caleg dalam menyosialisasikan diri dan memperkenalkan Gerindra di masyarakat," paparnya.

Penyerahan daftar caleg Partai Gerindra, diterima oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Dahliah Umar, Ketua Pokja Pendaftaran Caleg DPRD dan DPD KPU Provinsi DKI Sumarno, dan anggota KPU Provinsi Aminullah.

Dari hasil pemeriksaan berkas caleg, Dahliah mendapatkan caleg daerah pemilihan (Dapil) 5 belum memenuhi syarat. Sehingga diminta untuk diubah kembali.

"Caleg dari Dapil 5 yang diperbaiki, dari nomor 7 hingga 9 belum memenuhi syarat," katanya kepada Taufik.

Langsung saja Taufik membetulkan kesalahan administrasi tersebut dengan tulisan tangan yang ditandatangani Taufik dan Sekjen DPD DKI Gerindra Thamrin.

"Baik, karena sudah diperbaiki, maka seluruh daftar caleg dari Partai Gerindra sudah dapat kami terima semuanya. Tinggal melengkapi Form B dan Form A. Kami tunggu sampai besok," ujar Dahliah.

Penulis: Lenny Tristia Tambun

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI