Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy (kanan)

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan (PPP), M Romahurmuziy, mengemukakan rincian calon anggota legislatif (caleg) PPP.

Rencananya, PPP akan menyerahkan daftar caleg sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini.

"Pada pukul 13.30 siang hari nanti di KPU, kita serahkan daftar calon anggota legislatif sementara (DCS). Pendaftaran akan dilakukan langsung oleh Bapak Ketua Umum PPP, Suryadharma Alim (SDA)," kata Romahurmuziy, di Jakarta, Senin (22/4).

Diungkapkan, berkas pendaftaran dibawa dengan 73 boks/kontainer dengan jumlah DCS sebanyak 560 orang. "Laki-laki 354 orang (63 persen), perempuan 206 orang (37 persen). Incumbent DPR 34 dari 38 orang," jelasnya.

Romahurmuziy mengatakan, empat orang tidak dicalonkan kembali, karena beberapa alasan di antaranya, Wan Abubakar dapil Riau, diberi sanksi tidak dicalonkan lagi lantaran mendaftar Pilkada Riau dari jalur independen. "Sementara DPP telah resmi menetapkan ketua DPW PPP Riau sebagai cagub/cawagub," imbuhnya.

Sedangkan Endang Sukandar dapil Jabar IX, kata Romahurmuziy, tidak dicalonkan lagi karena terpilih dan akan dilantik sebagai bupati Sumedang. Sementara Akhmad Muqowam dapil Jateng X, tidak dicalonkan lagi karena memilih calon DPD. "Dan Hisyam Ali dapil Jateng II, memilih istirahat karena usia," tuturnya.

Romahurmuziy juga menambahkan beberapa kualifikasi caleg PPP berdasarkan pendidikan. "Bergelar doktor 14 dari 560 orang (2,5 persen). Bergelar S-2, 111 dari 560 (19,8 persen). Sehingga total pasca sarjana adalah 125 dari 560 orang (22,3 persen)," tegas Ketua Komisi IV DPR RI ini.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6

Sumber:Suara Pembaruan

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI