Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso (tengah) bersama pengurus dan kader partainya melampiaskan kegembiraan seusai pengumuman PKPI lolos pemilu di Gedung KPU, Jakarta.

Jakarta - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menyerahkan daftar calon anggota lembaga legislatif sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari 560 caleg yang semestinya didaftarkan, PKPI hanya menyertakan 511 caleg.

"Dari 560 caleg DPR, kami mendaftarkan 511 orang atau 91,25 persen. Terdiri dari caleg laki-laki sebanyak 326 orang, perempuan 185 orang," kata Ketua Umum PKPI, Sutiyoso, di kantor KPU, Jakarta, Senin (22/4).

Sutiyoso pun menjelaskan kekurangan caleg tersebut. Dikatakannya, alasan utamanya adalah bahwa PKPI mengalami proses yang panjang untuk mengikuti Pemilu 2014.

"Sengketa parpol dan KPU menghambat kami. PKPI kehilangan 50 hari. Kami hanya menyiapkan diri tiga minggu. Namun, kami akan lengkapi caleg sesuai ketentuan, yaitu dalam tahap perbaikan nanti, termasuk administrasi yang kurang dan kekosongan caleg di dapil tertentu," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sutiyoso menambahkan, sebagian besar daerah pemilihan (dapil) kekurangan caleg. Sebaliknya di daerah pemilihan lainnya, jumlah caleg justru berlimpah.

"Umumnya di Jawa Tengah, Yogyakarta, yang masih kosong. Memang terjadi satu daerah pemilihan hampir dua kali lipat calegnya lebih, tapi ada daerah pemilihan lain yang kurang," imbuhnya.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6

Sumber:Suara Pembaruan

Profil Parpol
NASDEM
NASDEM
PKB
PKB
PKS
PKS
PDIP
PDIP
GOLKAR
GOLKAR
GERINDRA
GERINDRA

DEMOKRAT
DEMOKRAT
PAN
PAN
PPP
PPP
HANURA
HANURA
PBB
PBB
PKPI
PKPI