Partai Gerindra.

Jakarta - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, hari ini, Partai Gerindra akan menyerahkan Daftar Calon Sementara (DCS) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"DCS Partai Gerindra ditentukan melalui Badan Seleksi Caleg Partai, yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina, Prabowo Subianto. Gerindra adalah partai pertama yang membuka kesempatan pada tokoh-tokoh masyarakat untuk bergabung dan berjuang bersama. Hampir 3000 orang mendaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Gerindra" ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Senin (22/4).

Ditambahkannya, dalam proses seleksi bacaleg, badan seleksi mewawancarai semua bacaleg hingga akhirnya memutuskan 560 orang caleg masuk dalam DCS.

Menurut Fadli Zon, calon legislatif Partai Gerindra tersebut berasal dari pengurus dan kader partai dan sebagian adalah tokoh-tokoh yang berasal dari beragam latar belakang diantaranya yakni tokoh politik, akademisi, tokoh agama, pengusaha, tokoh petani dan nelayan, buruh, artis, maupun dari kalangan atlet.

Tingkat keragaman latar belakang ini, kata dia, sangat penting bagi Gerindra untuk meningkatkan semakin banyaknya aspirasi yang nanti bisa terjaring.

Gerindra, lanjut Fadli, juga mengalokasikan lebih dari 35 persen kuota perempuan. Kuota ini melampaui aturan KPU sebesar 30 persen.

Dilanjutkannya, antusias publik yang mendaftar di Partai Gerindra sangat besar untuk mendaftar sebagai caleg dari Gerindra. Hal ini menurutnya, karena efek proses perekrutan secara terbuka melalui iklan yang di pasang di berbagai media.

"Kami berusaha lakukan proses seleksi secara komprehensif, tapi tentu tak ada yang sempurna. Tak semua orang tertampung dalam formasi DCS termasuk kader-kader yang bagus. Namun dengan konfigurasi DCS yang ada, Gerindra optimis bisa meraih kursi DPR tiga besar," tutur Fadli.

Sesuai peraturan KPU 6/2013, penyerahan berkas DCS berakhir pada 22 April 2013. Berdasarkan jadwal penyelenggaraan pemilu, pendaftaran bakal caleg dibuka pada 9 April hingga 22 April 2013. Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi administrasi hingga 6 Mei, dan hasilnya disampaikan kepada partai politik pada 7 dan 8 Mei 2013.

Untuk diketahui, salah satu persyaratan pendaftaran bacaleg adalah berkas pengajuan dan persyaratan bakal calon diserahkan kepada KPU dalam bentuk cetak (hardcopy) dan data lunak (softcopy).

Data dalam bentuk softcopy penting diserahkan kepada KPU karena akan digunakan oleh petugas pendaftaran dalam melacak adanya kenakalan bakal caleg yang mendaftar di lebih dari satu dapil. Selain itu, data softcopy juga dapat memeriksa bahwa bakal caleg tidak mendaftar melalui kendaraan dua parpol atau lebih.

Suara Pembaruan

Penulis: WIN

Sumber:Suara Pembaruan

Profil Parpol
NASDEM
NASDEM
PKB
PKB
PKS
PKS
PDIP
PDIP
GOLKAR
GOLKAR
GERINDRA
GERINDRA

DEMOKRAT
DEMOKRAT
PAN
PAN
PPP
PPP
HANURA
HANURA
PBB
PBB
PKPI
PKPI