Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Banda Aceh - Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu 2014 yang terpusat pada pangkalan data (database) Sistem Informasi Pendaftaran Pemilih (Sidalih) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat untuk daerah Aceh, sangat kacau dan amburadul. Bahkan dalam data tersebut ada warga Manokwari, Papua, yang masuk dalam daftar pemilihan di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Dikatakan, data tersebut diperoleh KPU dari Kemdagri.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pokja Partarlih Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal, kepada media ini, Kamis (25/4), di Banda Aceh. Menurutnya, terjadinya kekacauan data pemilih sementara yang dimasukkan oleh KPU Pusat pada database Aceh, terungkap dalam rapat pemutakhiran data pemilih 23 kabupaten/kota di Aceh yang digelar KIP Aceh di Banda Aceh, pada Rabu (24/4) lalu.

Dikatakan Amkal, KPU sendiri telah meminta KIP kabupaten/kota di Aceh untuk melakukan pemutakhiran dan penyelarasan data pemilih, dengan data yang sudah terpusat dalam portal Sidalih. Namun, saat dilakukan pemutakhiran data, KIP sendiri mengalami kesulitan dan banyak masalah yang ditemukan dalam pengoperasian Sidalih oleh setiap operator KIP kabupaten/kota. Antara lain, ada yang datanya tidak dapat diunduh (dibuka), di samping ada daftar pemilih dari daerah lain yang masuk ke wilayah Aceh.

Akmal mencontohkan, di Kabupaten Bireuen misalnya, daftar pemilih dari Manokwari, Papua, masuk dalam daftar pemilih kabupaten tersebut. Lantas menurutnya, setelah diperiksa secara seksama, ternyata daftar pemilih yang ada dalam portal Sidalih itu sangat amburadul. Kondisi ini pun menyulitkan KIP Aceh untuk memindahkan daftar pemilih tersebut ke dalam form A.O KPU.

Atas kesulitan itu, KIP kabupaten/kota di Aceh pun akhirnya meminta agar bisa digunakan data pemilih Pemilu 2009 sebagai data, untuk dimutakhirkan untuk pemilu tahun 2014. Terhadap permintaan tersebut, KIP Aceh belum bersikap, serta akan mencari jalan keluarnya sebelum menggelar rapat pleno untuk memutuskan perihal tersebut.

Menurut Akmal, kalau melihat dari sisi waktu pemutakhirannya, maka pemutakhiran data pemilih ini harus sudah selesai empat bulan setelah pemerintah menyerahkan DP4 kepada KIP Aceh pada Februari lalu. Untuk rekap sementara, berdasarkan DP4 sesuai dengan data kabupaten/kota, jumlah DCS di Aceh adalah sebanyak 3.520.684 jiwa, dengan PPK sebanyak 289, PPS 5.749, dan TPS 11.094.

 

Suara Pembaruan

Penulis: 147

Sumber:Suara Pembaruan

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI