Komar dan Ruhut Sitompul, dua contoh artis yang terpilih menjadi anggota legislatif di DPR RI.

Jakarta - Guna meraup suara di Pemilu 2014 mendatang, sejumlah Partai Politik masih mengandalkan strategi mengajukan artis sebagai calon anggota legislatif.

Hal tersebut tampak dari Daftar Calon Sementara Anggota Legislatif (DCS) partai politik yang diserahkan ke KPU pekan lalu.

"Partai sangat mengandalkan popularitas artis untuk mendapatkan suara yang cukup banyak pada pemilu nanti," kata Sebastian Salang, koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) dalam konferensi pers di kantornya, Minggu (28/4).

Formappi mencatat, ada sembilan partai yang masih menggunakan startegi ini untuk mendulang suara di Pemilu 2014.

Kesembilan partai itu adalah, Partai Nasdem, Partai Golkar, PAN, PPP, PDIP, Partai Demokrat, PKB, Partai Gerindra dan Partai Hanura. Sementara tiga partai, yaitu PKS, PKPI dan PBB tercatat tidak memiliki caleg artis.

"Partai Gerindra dan PAN adalah partai yang paling banyak merekrut artsi," kata Sebastian.

PAN menggandeng sembilan artis untuk menduduki kursi DPR. Di antaranya adalah Primus Yustisio, Eko Patrio, Jeremy Thomas dan Anang Hermansyah. Partai Gerindra mengusung Rachel Maryam, Bondan Winarno, Irwansyah, Jamal Mirdad dan Moreno Suprapto.

Partai yang dipimpinan Megawati Soekarno Putri merekrut Edo Kondologit, Rieke Dyah Pitaloka, Sony Tulung dan Nico Siahaan sebagai caleg. Kemudian Partai Demokrat mengusung lima artis untuk duduk di kursi DPR. Mereka adalah Yenny Rahman, Anwar Fuady, Vena Melinda dan Ingrid Kansil.

PKB pimpinn Muhaimin Iskandar mencalonkan seperti Arzetti, Ridho Rhoma, Krisna Mukti dan Mandala Shoji. Partao Hanura mengusung David Chalik, Gusti Randa dan Andre Hehanusa. Partai baru, yaitu Nasdem mengajak Doni Damara, Ricky Subagja, Jane Salimar, Mel Sandy, Sarwana dan Melly Manuhutu. Sedangkan PPP mengandalkan Angel Lelga, Mat Solar, Emilia Contesa dan Okky Asokawati.

Sebastian menyayangkan kebanyakan artis yang direkrut tanpa melalui proses pembinaan terlebih dahulu di partainya. Meski demikian ia mengakui, ada juga artis yang memang telah lama bergabung di partai baru menjadi caleg.

Penulis: Rizky Amelia

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI