KPU Umumkan Daftar Pemilih Sementara di Kelurahan

Jakarta - Manajer Pemantauan Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPRR), Masykurudin Hafiz, menilai, hingga saat ini publikasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) belum Maksimal.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tahapan pengumuman DPS di tingkat kelurahan/desa pada 11 sampai dengan 24 Juli 2013, untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat.

Setelah empat hari berjalan, JPPR melakukan pemantauan pengumuman DPS tersebut di 8 kelurahan di Jakarta yaitu Kebon Manggis, Pegangsaan (Jakarta Pusat), Manggarai, Tebet, Kebon Baru (Jakarta Selatan) dan Cawang, Cililitan, Halim (Jakarta Timur).

Dalam pemantauan pengumuman DPS, JPPR menemukan masih ada kelurahan yang belum memasang DPS untuk diumumkan, yakni kelurahan Cawang, Cililitan dan Halim.

"Untuk Kelurahan Halim, penyusunan DPS belum selesai. Ini menunjukkan proses pemutakhiran data pemilih terlambat dari jadwal tahapan yang telah ditetapkan," kata Masykurudin, Senin (15/7).

JPPR juga menemukan masih adanya variasi pemasangan DPS di kelurahan. Misalnya DPS yang dipasang dengan cara ditumpuk per-RW (Kebon Manggis, Pegangsaan, Manggarai, Kebon Baru) dan DPS yang dipasang sudah per-TPS (Tebet).

"Semua menunjukkan tidak ada standar dari KPU dalam tata cara mengumumkan DPS di kelurahan untuk memudahkan pemilih," ucapnya.

Tidak hanya itu, format penyusunan DPS yang belum maksimal misalnya kolom keterangan untuk jenis kecacatan bagi penyandang disabilitas masih kosong (semua kelurahan) dan digunakan untuk menuliskan e-KTP (Kebon Manggis, Pegangsaan).

Di dalam kolom keterangan juga tidak ada keterangan jumlah pemilih di DPS, termasuk jenis kelamin dan status perkawinan di masing-masing RW (Kebon Manggis, Pegangsaan, Kebon Baru).

"Tidak samanya format ini akan berpengaruh langsung kepada kualitas daftar pemilih nanti," ucap Masykurudin.

Diharapkan, temuan tersebut menjadi catatan dan perhatian bagi KPU hingga PPS untuk lebih meningkatkan kualitas penyusunan daftar pemilih. DPS sesungguhnya juga bisa disebar di setiap kantor/sekretariat RT/RW dan dipasang di tempat-tempat umum dan strategis.

Dijelaskan, mendekatkan DPS ke masyarakat pemilih agar semakin mudah untuk melakukan pemeriksaan. Dengan demikian, kualitas daftar bisa semakin baik.

Suara Pembaruan

Penulis: Y-7

Sumber:Suara Pembaruan

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI