Hary Tanoesoedibjo

Jakarta-Popularitas calon wakil presiden (cawapres) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Hary Tanoesoedibjo (HT) berpengaruh atas elektabilitas partainya. Keputusan Hary memilih masuk ke Hanura dari hasil riset Institute Transformation Studies (Intrans) awal, hanya mampu menaikkan elektabilitas Hanura sekitar 1 hingga 2 persen. Namun, secara perlahan, peran Hary yang menonjol di partai pimpinan Wiranto membuat publik banyak mengetahui visi dan misi Hanura.

"HT mampu mengangkat Hanura ke partai papan tengah, jika dilihat dari berbagai survei Hanura kini berkisar antara 6-8 persen," kata Direktur Intrans Andi Saiful Haq di Jakarta, Jumat (14/3).

Menurutnya, meski Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menempati posisi pertama dalam 10 tokoh muda paling bersinar tahun 2014. Namun dalam hal popularitas terhadap elektabilitas partai, Jokowi masih kalah dengan Hary.

Hasil riset yang dilakukan dalam kurun waktu Desember hingga Maret 2014, Jokowi di posisi satu, disusul Hary, Gita Wiryawan, Basuki Tjahaja Purnama, Rusdi Kirana, Muhaimin Iskandar, Tri Risma Harini, Ganjar Pranowo, Dino Pattijalal, dan Muhammad Lutfi.

Kepemimpinan Jokowi di DKI, masih kata Andi, telah menunjukkan banyak prestasi dan dilihat publik sebagai bukti kepiawaian Jokowi sebagai birokrat. Popularitasnya terus melambung dan sulit terbantahkan.

"Jokowi diyakini memiliki daya dongkrak PDIP, namun partai ini sudah menjadi partai papan atas. Berbeda dengan HT di Hanura," kata Andi.

Untuk popularitas tokoh muda yang berpengaruh terhadap elektabilitas partai, berturut-turut Hary Tanoesoedibjo, Jokowi, Rusdi Kirana, Gita Wiryawan, Basuki Tjahaja Purnama, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Budiman Sudjatmiko, dan terakhir Puan Maharani.

Riset Intrans menggunakan metode kualitatif melalui 15 focus group discussion (FGD). Setiap FGD diikuti 15-20 orang dengan latar belakang berbeda. Sedangkan untuk informasi bersifat khusus, diadakan wawancara mendalam dengan narasumber yang dianggap kapabel guna memberikan masukan dan informasi mengenai topik yang sedang diteliti. 

Suara Pembaruan

Penulis: C-6/JAS

Sumber:Suara Pembaruan

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI