Ilustrasi Lembaga Survei.

Jakarta - Survei yang dilakukan oleh National Leadership Center (NLC) bekerja sama dengan lembaga riset internasional Taylor Nelson Sofres (TNS) tidak mencantumkan nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam bursa calon presiden (capres) yang disurveinya. Menurut kedua lembaga ini, Jokowi tidak berminat mencalonkan diri dalam bursa capres 2014.

"Kami sudah bertanya padanya (Jokowi), dia sudah memastikan tidak akan mencalonkan diri menjadi presiden," ujar Presiden Direktur NLC Taufik Bahaudin dalam Peluncuran Hasil Jajak Pendapat Publik Presiden Pilihan 2014 oleh NLC & TNS Indonesia, di Hotel Atlet Century, Jakarta, Kamis (28/2).

Karena itu, NLC-TNS hanya mencantumkan 11 nama yang disurvei melalui penelitian tertutup. Adapun 11 nama capres yang disurvei dengan persentasenya adalah Prabowo 35 persen, disusul Megawati dengan 20 persen, Jusuf Kalla 12 persen, Aburizal Bakrie tujuh persen, Wiranto dan Sri Sultan HB X juga Dahlan Iskan masing-masing empat persen, Hatta Rajasa dan Mahfud MD mendapatkan dua persen, Ani Yudhoyono dan Sri Mulyani memperoleh satu persen saja.

Hasil survei tersebut dilaksanakan pada 14-19 Januari 2013, dilakukan secara acak pada 2.020 responden yang berasal dari 31 provinsi di Indonesia. Survei ini memiliki tingkat kesalahan kurang dari 4 persen.

Berbagai lembaga survei yang merilis capres 2014 menempatkan nama Jokowi dalam urutan pertama. Jokowi selalu unggul jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain seperti Aburizal Bakrie dan Prabowo Subianto.

Survei dari Pusat Data Bersatu (PDB) menunjukkan, Jokowi sebagai capres dengan tingkat elektabilitas tertinggi. Sebanyak 21,2 persen responden memilih Jokowi dikuntit Prabowo Subianto dengan 17,1 persen.

Urutan ketiga diduduki Megawati dengan 11,5 persen disusul Rhoma Irama 10,4 persen. Sedangkan Aburizal Bakrie 9,7 persen, kemudian Jusuf kalla 7,1 persen dan disusul nama-nama lain seperti Mahfud MD, Wiranto, dan Dahlan Iskan.

Dari 13 nama yang dijagokan sebagai tokoh potensial capres 2014, Jokowi tetap menduduki urutan pertama dengan 21,2 persen.

Suara Pembaruan

Penulis: WIN/NAD

Sumber:Suara Pembaruan

Info Partai
1
NASDEM
NASDEM
2
PKB
PKB
3
PKS
PKS
4
PDIP
PDIP

5
GOLKAR
GOLKAR
6
GERINDRA
GERINDRA
7
DEMOKRAT
DEMOKRAT
8
PAN
PAN

9
PPP
PPP
10
HANURA
HANURA
14
PBB
PBB
15
PKPI
PKPI