Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wakil Presiden Boediono, pada Selasa (2/4) siang akan menggelar rapat terbatas Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Kantor Kepresidenan, Jakarta.

Rapat yang akan digelar pada pukul 14.00 WIB, khusus membahas tentang Kurikulum Pendidikan 2013 yang rencananya akan diberlakukan pada Juli 2013 mendatang.

Selain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), rencananya rapat ini juga akan dihadiri Menko Kesra Agung Laksono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, dan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Berdasarkan Kurikulum Pendidikan 2013 yang akan diberlakukan secara bertahap mulai tahun ajaran 2013/2014, sejumlah mata pelajaran dilebur untuk mendorong peserta didik (pelajar) melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan apa yang diperoleh setelah menerima materi pembelajaran.

Jumlah mata pelajaran untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), dari 10 mata pelajaran dilebur menjadi enam mata pelajaran. Demikian juga dengan mata pelajaran untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 12 menjadi 10 mata pelajaran.

Sementara itu, pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dibebaskan memilih mata pelajaran yang disukai menyusul dihapuskannya sistem penjurusan.

Investor Daily

Penulis: Nov/FER

Sumber:Investor Daily