Ilustrasi ujian nasional

Pandeglang - Sebanyak 11.354 siswa SMA, SMK dan MA di Kabupaten Pandeglang, siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung mulai tanggal 15 April mendatang. Siswa peserta UN itu terdiri atas siswa SMA sebanyak 3.586 orang, siswa SMK 4.825 orang, dan dari MA sebanyak 2.943 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Pandeglang, Abdul Aziz mengatakan, selain SMA/SMK/MA, siswa kejar paket C juga akan mengikuti ujian secara bersamaan. "Untuk tahun ini, siswa kejar paket C mengikuti ujian di hari yang sama. Untuk SMA, SMK dan MA, ujian nasional dilakukan pada pagi hari, siangnya untuk siswa kejar paket C," ujar Aziz, di Pandeglang, Rabu (10/4).

Aziz menjelaskan, distribusi soal UN untuk tahun ini sendiri berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, distribusi soal UN langsung dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan diserahkan ke rayon. Sedangkan tahun ini akan didistribusikan oleh perguruan tinggi.

"Untuk wilayah Pandeglang, perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk penyelenggaran UN adalah Staisman. Nanti soal diserahkan ke perguruan tinggi Staisman. Kemudian oleh perguruan tinggi ini, didistribusikan ke rayon dan kemudian ke sekolah," paparnya.

Dikatakan Aziz, untuk lembar jawaban juga, nantinya akan dikumpulkan ke perguruan tinggi Staisman. Oleh Staisman, lembar jawaban ini diserahkan ke Universitas Tirtayasa (Untirta) Banten di Serang, sebagai lembaga perguruan tinggi yang bekerja sama dengan penyelenggara UN tingkat provinsi.

Terkait dengan tingkat kelulusan, Aziz mengatakan bahwa pihaknya berharap agar hasil UN tahun ini bisa lebih baik. Artinya, tingkat kelulusan bisa lebih maksimal dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Pada tahun sebelumnya, tingkat kelulusan di Pandeglang mencapai 99,8 persen. Saya berharap agar tahun ini bisa lebih dari itu, yakni 100 persen," katanya.

Dijelaskannya pula, untuk UN tahun ini komposisi penilaian sekitar 60 persen ada pada sekolah. Kemudian, sekitar 40 persennya merupakan hasil UN. "Saya berharap agar siswa bisa belajar dengan lebih giat, agar hasil UN yang dicapai bisa lebih maksimal," tandas Aziz.

 

Suara Pembaruan

Penulis: 149

Sumber:Suara Pembaruan