Soal-soal ujian nasional siap didistribusikan.

Banjarmasin - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Kalimantan Selatan (Kalsel) terpaksa ditunda menyusul terlambatnya pengiriman naskah soal oleh pihak percetakan.

Amka, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Minggu (14/4) mengatakan, seharusnya pelaksanaan UN SMA, Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan paket C dilakukan pada tanggal 15-18 April, namun terpaksa dimundurkan menjadi tanggal 17-22 April 2013 serentak di 13 kabupaten/kota.

"Hingga tadi malam hanya soal UN untuk SMK yang sampai ke Banjarmasin, sedangkan soal UN untuk SMA dan MA belum kita terima hingga sekarang. Karena itu pelaksanaan ujian nasional ditunda," jelas Amka.

Dari 13 kabupaten/kota, baru Kotabaru yang sudah melakukan pendistribusian soal UN karena pengiriman didahulukan mengingat ada beberapa sekolah pelaksana UN yang berada di daerah terpencil.

Sedangkan kabupaten/kota lainnya masih menunggu pengiriman dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel.

Terkait penundaan pelaksanaan UN, Amka mengatakan sudah menginformasikan ke seluruh Dinas Pendidikan kabupaten dan kota untuk ditindaklanjuti ke masing-masing sekolah dan siswa.

Meski pemberitahuan penundaan pelaksanaan UN hanya melalui SMS atau ponsel, Amka mengharapkan semua kabupaten/kota bisa menyeberluaskan informasi ini dan mempersiapkan pelaksanaan UN pada Rabu (17/4) mendatang.

Terpisah Kabid pendidikan lanjutan dan menengah (Diklamen), Dinas Pendidikan Tabalong, Sujadi mengatakan sejak Sabtu pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Dinas pendidikan provinsi Kalsel dan memang dipastikan pelaksanaan UN tingkat SMA dan sederajatnya ditunda.

"Untuk Tabalong sampai saat ini belum satupun naskah soal UN yang dikirim dan rencananya setelah soal lengkap di Banjarmasin baru didistribusikan ke kabupetan/kota," jelas Sujadi.

Setelah mendapat informasi penundaan, Sujadi menambahkan langsung meminta seluruh kepala sekolah untuk disampaikan ke siswa peserta UN.

Dengan penundaan pelaksanaan UN tingkat SMA ini diakui Sujadi cukup merepotkan pasalnya akan berdampak pada pelaksanaan UN tingkat SMP yang dijadwalkan pada 22 April.

Sementara pada hari yang sama masih pelaksanaan UN tingkat SMA untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan Biologi.

"Karena penundaan jadwal pelaksanaan UN tingkat SMA, kemungkinan pelaksanaan UN untuk tingkat SMP yang direncanakan 22 April juga ditunda," tambah Sujadi.

Rencanya pelaksaan UN pada Rabu dan Kamis, mata pelajaran yang diujikan masih sesuai jadwal awal yakni Matematika dan Fisika.

Sedangkan jadwal mata pelajaran Jumat yakni Bahasa Indonesia, untuk senin masing-masing Bahasa Inggris dan biologi.

Penulis: /NAD

Sumber:Antara