Ilustrasi demonstrasi anti korupsi di Indonesia.

Jakarta - ICW menggagas sekolah antikorupsi, yang disingkat SAKTI, untuk merekrut orang-orang yang mempunyai semangat dan keberpihakan pada pemberantasan korupsi, serta mau mengabdi dalam gerakan antikorupsi.

Sekolah antikorupsi ini dibuat, karena ICW melihat kebutuhan akan hadirnya pejuang-pejuang baru dalam gerakan antikorupsi di tengah padatnya agenda pemberantasan korupsi. Selain itu, upaya pemberantasan korupsi di Indonesia masih sangat panjang. Ditambah lagi, taktik korupsi makin canggih dan para pelaku tindak pidana korupsi tak segan melawan balik. SAKTI akan diadakan pada 11 – 21 Juni 2013 selama sepuluh hari di Jakarta.

SAKTI ICW memfasilitasi pendidikan anti korupsi termasuk hubungannya dengan hukum, korupsi politik, analisis anggaran, pelayanan publik, peradilan, investigasi kasus korupsi, dan gerakan sosial antikorupsi bagi para peserta SAKTI.

Lewat SAKTI, ICW akan merekrut kader-kader baru untuk ditempatkan bekerja di ICW. SAKTI juga mengasah para peserta sehingga ketika mereka kembali ke lembaga atau daerah asalnya, mereka bisa ambil bagian dalam gerakan antikorupsi.

Para peserta SAKTI juga bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di organisasi-organisasi masyarakat sipil jejaring ICW, yang memiliki semangat antikorupsi dan kemajuan bagi Indonesia.

“Gagasan besar SAKTI adalah kaderisasi. ICW akan memilih beberapa yang terbaik untuk ditempatkan di ICW. Peserta yang lain juga dididik untuk menjadi relawan antikorupsi,” jelas Danang Widoyoko, Koordinator ICW.

“SAKTI juga bertujuan untuk menyebarkan nilai-nilai antikorupsi, agar para peserta SAKTI dapat menjadi agen pembaharu di masyarakat dan daerah masing-masing kala bertugas. Kalau mereka nanti jadi PNS, harapannya tidak korupsi. Demikian juga kalau jadi pengusaha, tidak menyuap,” ujarnya lagi.

Pendaftaran SAKTI terbuka untuk umum seluruh Indonesia, dengan syarat akademis mahasiswa tingkat akhir atau telah lulus D3/ S1 dari jurusan apapun. Pendaftaran dibuka secara online, dan informasi serta formulir pendaftaran dapat diunduh di website resmi ICW dengan tautan antikorupsi.org/id/form/sakti-2013.

Masa pendaftaran SAKTI adalah 6 – 28 Mei 2013. Para peserta yang lolos akan diumumkan pada 3 Juni 2013. Informasi dan formulir pendaftaran SAKTI dapat diakses di website resmi ICW, antikorupsi.org.

Peserta yang lolos seleksi SAKTI akan dihubungi langsung oleh panitia dan nama-nama mereka akan dipublikasikan di website resmi ICW. ICW menghimbau para peminat SAKTI untuk menghindari penipuan. ICW tidak memungut biaya selama masa pendaftaran. Hanya peserta yang lolos yang akan membayar biaya komitmen selama sekolah.

Sekadar diketahui, ICW adalah organisasi independen yang lahir pada 1998 pasca reformasi untuk memenuhi tuntutan Indonesia yang bebas dari korupsi. Selama lima belas tahun berdiri, ICW menyadari bahwa perjuangan melawan korupsi masih membutuhkan pejuang-pejuang baru. Selain tindak pidana korupsi semakin canggih, melawan korupsi juga harus dilakukan secara bersama-sama agar perjuangan terasa lebih ringan.

Para peminat dapat menghubungi ICW untuk tanya jawab lebih lanjut, di (021)790-1885, email ICW ke icw@antikorupsi.org atau humas@antikorupsi.org, serta berinteraksi lewat akun twitter resmi ICW @sahabatICW.

Penulis: Ririn Indriani

Sumber:PR