Yayasan Bulir Padi Berikan Beasiswa "Merit Based Scholarship"

 Yayasan Bulir Padi Berikan Beasiswa
Bulir Padi Shop for School merupakan situs toko online pertama di Indonesia yang 100% hasil penjualan barang-barangnya akan digunakan untuk kegiatan amal. ( Foto: Herman )
Herman / FER Minggu, 16 Februari 2014 | 16:25 WIB

Jakarta - Akses pendidikan yang layak dan berkualitas merupakan salah satu kunci dari upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Namun karena keterbatasan ekonomi, masih banyak masyarakat kita yang belum bisa mendapatkan akses pendidikan.

Salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki kepedulian akan hal ini adalah Yayasan Bulir Padi yang sudah ada sejak tahun 2002.

Tia Sutresna, salah satu pendiri dan Ketua Bidang Program & Kegiatan Yayasan Bulir Padi menjelaskan, tujuan didirikannya yayasan ini adalah untuk membantu anak-anak kurang mampu dengan memberikan mereka beasiswa sekolah berbasis merit based scholarship, guna memberdayakan mereka menjadi pribadi mandiri dan mampu membantu meningkatkan taraf hidup keluarga dan komunitasnya.

"Saat ini Bulir Padi telah memberikan lebih dari 500 beasiswa sejak didirikan tahun 2002," terang Tia Sutresna di Jakarta, Minggu (16/2).

Bulir Padi sendiri dijelaskan Tia memberikan beasiswa yang merit-based, yaitu memberikan dana bantuan pendidikan berdasarkan prestasi, nilai rata-rata siswa, dan latar belakang ekonomi keluarga. Penilaian komprehensif ini dirangkum dari hasil wawancara langsung dan survei lapangan untuk melihat rumah dan lingkungan tempat tinggal anak tersebut.

"Selain untuk anak-anak, program beasiswa ini juga berfokus ke para single mothers yang berkendala secara finansial untuk menghidupi keluarga dan membayar biaya sekolah anak mereka. Kelompok single mother yang Bulir Padi bantu antara lain yang bekerja sebagai penjual mie ayam keliling dan pemilik warung kopi, untuk membayar uang sekolah anak mereka," terangnya.

Beberapa kegiatan penggalangan dana (fundrising) yang dilakukan guna mendukung kegiatan sosial Bulir Padi di antaranya adalah dengan meluncurkan “Bulir Padi Shop for School”, yaitu situs toko online untuk amal.

Dijelaskan Tia, Bulir Padi Shop for School merupakan situs toko online pertama di Indonesia yang 100% hasil penjualan barang-barangnya akan digunakan oleh Bulir Padi untuk membiayai beasiswa pendidikan bagi anak-anak dari keluarga pra sejahtera.

"Program Bulir Padi Shop for School merupakan kelanjutan dari program Bags for School, yaitu kegiatan fundraising Bulir Padi dengan bentuk bazaar amal tahunan yang diselenggarakan sejak 2010," terang dia.

Untuk mendukung penyaluran beasiswa dan kegiatan belajar anak-anak binaan, Bulir Padi juga telah membangun taman bacaan masyarakat Pustaka Bulir Padi. "Pustaka Bulir Padi telah mengumpulkan lebih dari 1000 buku melalui program penggalangan buku Bulir Padi Book Drive," jelas dia.

Pustaka Bulir Padi terletak di Lapangan Rengas, Terusan Belibis, Palmerah, Jakarta Barat, dan terbuka untuk anak-anak binaan Bulir Padi dan keluarga serta masyarakat sekitar.