Sembilan Sekolah Berebut Gelar Juara NSCC 2016

Suasana Press Confrence National Student Company Competition (NSCC) 2016, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat 19 Agustus 2016. (Beritasatu.com/Feriawan Hidayat)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Jumat, 19 Agustus 2016 | 21:17 WIB

Jakarta - Sembilan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan akan saling berlomba memperebutkan gelar juara di National Student Company Competition (NSCC) 2016 pada tanggal 19-20 Agustus 2016 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Sembilan sekolah tersebut, bakal memperebutkan Golden Ticket untuk berangkat ke Jepang guna melanjutkan kompetisi di kancah Asia Pasifik, pada Februari 2017.

Sembilan sekolah tersebut beserta nama perusahaannya adalah, SMAN 1 Cisarua Bandung (Smancis SC), SMKN 3 Denpasar (3-SCA SC), SMAN 3 Semarang (Great Golden Ganesha SC), SMK Farmasi Ditkesad (Titermiti SC), SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro, Jakarta (Anja SC), SMAN 1 Sleman Yogyakarta (Chrom SC), SMANSA Surabaya (Grande SC), SMAN 1 Sangatta Utara, Jakarta (Smansatara The Power of Youth 2 SC) dan SMAN 66 Jakarta (Bascora SC).

Ketua Umum Yayasan Prestasi Junior Gemilang Indonesia (YPJGI), Pribadi Setiyanto, mengatakan, NSCC merupakan sebuah kompetisi kewirausahaan antar pelajar yang diprakarsai oleh YPJGI.

"Kesuksesan penyelenggaraan kompetisi ini juga didukungoleh program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Citibank, Bank Permata, Yayasan Pembangunan Jaya, General Electric, dan KPC di bidang pendidikan. Seluruh perusahaan tersebut tampil sebagai sponsor dari masing-masing sekolah yang mengikuti Program Student Company," kata Pribadi di Jakarta, Jumat (19/8).

Program Student Company sendiri, lanjut dia, diadopsi dari Junior Achievement Worldwide, Boston, Amerika Serikat. Kegiatan ini, kata Pribadi, sesuai dengan misi YPJGI yaitu menginspirasi dan mempersiapkan anak-anak muda untuk sukses dalam menghadapi perekonomian global, mengedukasi anak muda tentang entrepreneurship, kesiapan bekerja dan pemahaman yang komprehensif mengenai finansial.

"NSCC membantu siswa-siswi Indonesia mengasah dan menumbuhkembangkan bakat wirausahanya secara maksimal. Karena di sini mereka mendapat bimbingan secara intensif untuk mengelola usaha secara nyata yang berintegritas mulai dari menggali peluang dan investasi, mengelola sumber daya, mengembangkan usaha hingga mengembalikan modal dan keuntungan," jelas Pribadi.

"Kami berharap, kegiatan ini akan lebih menginspirasi dan menumbuhkan minat dan semangat wirausaha generasi muda Indonesia. Dan kelak di masa depan, mereka tumbuh menjadi para wirausahawan yang sukses dan bermartabat sehingga berguna bagi bangsa dan negara," lanjutnya

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hamid Muhammad, mengatakan, Inisiatif Yayasan Prestasi Junior Gemilang Indonesia untuk mengadakan kegiatan Indonesia Student Company Competition sangat patut diteladani.

"Pembinaan generasi muda mendatang bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah tetapi juga tanggung jawab kita bersama," kata Hamid.


Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT