Ilustrasi Universitas Telkom.

Raih Akreditasi A, Universitas Telkom Janji Kembangkan Dunia Pendidikan

Ilustrasi Universitas Telkom. (Istimewa)

Jakarta- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberikan akreditasi A kepada Universitas Telkom melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Universitas Telkom menjadi salah satu dari 48 Perguruan Tinggi yang mendapatkan akreditasi A.

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi Sasongko Purnomo mengakui, akreditasi A yang diraih di penghujung tahun ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa. Alasannya, Universitas Telkom sendiri baru terbentuk pada akhir tahun 2013 yang merupakan gabungan dari beberapa institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

"Kami selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam memberikan pendidikan yang bertujuan untuk mengangkat harkat martabat nusa dan bangsa. Dengan mendapatkan akreditasi ini, kami berharap ke depannya Universitas Telkom mampu lebih bersaing lagi, baik itu di tingkat nasional maupun internasional," kata Dwi, Sabtu (31/12).

Dijelaskan, untuk mendapatkan akreditasi A tidaklah mudah. Performa dipantau selama tiga tahun berturut-turut oleh Badan Akreditasi Nasional. Tidak kurang dari 4.500 perguruan tinggi dipantau performanya hingga akhirnya hanya muncul 48 perguruan tinggi yang layak mendapat Akreditasi A.

"Untuk mendapatkan akreditasi A, banyak aspek yang dinilai. Seperti kualitas pendidikan, fasilitas, keuangan, mahasiswa, kualitas lulusan, kompetensi, sumber daya manusia, dan lain-lain," ucap Dwi.

Dengan tercapainya predikat A, pihak yayasan sendiri berjanji akan terus mengembangkan dunia pendidikannya di seluruh Indonesia. Seperti diketahui, kini ada 54 sekolah sekolah yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).



Suara Pembaruan

Yeremia Sukoyo/PCN

Suara Pembaruan