Kemdikbud Segera Bagikan 80.000 Komputer untuk UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 1 Kota Bogor. (Beritasatu.com/Vento Saudale)

Oleh: / WBP | Minggu, 8 Januari 2017 | 08:05 WIB

Medan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) segera membagikan sekitar 80.000 komputer ke sekolah di berbagai daerah Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada pertengahan April 2017.

"Paling lambat ditargetkan akhir Januari 2016 komputer itu sudah dibagikan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/1). Hal itu diungkapkan usai meresmikan gedung sekolah dan bangunan pura di sekolah Yayasan Pendidikan Sutan Iskandar Muda di Medan.

Dia menyatakan, Kemdikbud meminta agar pihak sekolah di daerah bersiap menjalankan UNBK tahun ini. "Yang pasti komputer itu akan dikirim," kata dia.

Dia menyebutkan, Kemdikbud menargetkan pelaksanaan UNBK untuk sekolah menengah atas negeri (SMA) dan sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) mencapai 80 persen, serta sekolah menengah pertama negeri (SMPN) hingga 40 persen.

Sebelumnya Mendikbud mengemukakan, agar target UNBK terlaksana pihaknya akan mengeluarkan kebijakan ujian tidak serentak dilaksanakan pada hari yang sama, sehingga siswa yang sekolahnya tidak memiliki komputer dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

Muhadjir menambahkan bahwa pelaksanaan UNBK dalam rangka efisensi waktu dan memperkecil kecurangan.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT