Suasana ujian SNMPTN
“Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas."

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya melakukan perubahan terkait sistem masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Keputusan Kemendikbud tersebut memastikan ujian tertulis pada SNMPTN akan dihapus mulai tahun depan. Untuk jalur pengganti, akan diadakan jalur undangan.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh, keputusan tersebut sebenarnya memberikan kemudahan bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas antara jenjang yang di bawah dengan di atasnya,” papar Nuh.

Menurut Ketua SNMPTN 2013, Akhmaloka, ada sekitar 1,5 juta siswa SMA/sederajat akan mengukuti SNMPTN 2013. Seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN).
 
Akhmaloka, yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan berdasarkan jadwal yang disusun panitia SNMPTN 2013 dengan Kemendikbud, seleksi akan dilakukan pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013.
 
Yang tidak kalah penting, SNMPTN 2013 gratis 100%. Kementerian telah mengalokasikan dana dalam APBN 2013 sekitar Rp100 milyar untuk keperluan seleksi nasional ini.

Penulis: /FMB

Sumber:Campuslifemagz