Ilustrasi--Aktivitas pembelajaran yang dilakukan di sekolah RSBI/SBI di Sulsel.
"Tahun pelajaran baru nanti, kami akan kenalkan bagaimana bentuk RSBI.”

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pengenalan seperti apa bentuk sekolah eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) akan dilakukan pada awal tahun ajaran baru.
 
“Nanti pada saatnya kami sampaikan ke publik. Sekarang ini kan kepastian sampai tahun pelajaran itu. Tahun pelajaran baru nanti, kami akan kenalkan bagaimana bentuk RSBI,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/1). 

Adapun, program-program yang ada dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) masih tetap berlangsung hingga tahun ajaran 2012/2013 berakhir.

Setelah itu, akan ada bentuk baru seperti kelanjutan nasib sekolah eks RSBI tersebut.

Kendati mengatakan proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan program hingga tahun ajaran 2012/2013 berakhir, namun Nuh menekankan adanya pelarangan di seluruh penggunaan kata RSBI secara administrasi baik di papan nama atau kop surat.

“Yang tidak boleh adalah sumbangan baru, administrasi seperti papan nama, kop surat, stempel, yang ada cap RSBI nya itu tidak boleh. Kita kasih batas sampai dengan 31 Januari untuk itu,” ujarnya.

Nuh mengatakan pengalihan aset RSBI tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, melainkan harus secara bertahap yang ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan.

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi terhadap pasal 50 ayat 3 Undang-Undang 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur mengenai RSBI pada Selasa (8/1).

Dampak dari keputusan tersebut, RSBI dihilangkan dari sistem pendidikan.

Penulis: