Ilustrasi pengguna ponsel pintar
Remaja yang memiliki smartphone dua kali lebih mungkin berhubungan seks dengan orang yang dikenalnya secara online.

Remaja yang memiliki smartphone berhubungan seks lebih banyak ketimbang remaja yang memiliki ponsel biasa.

Demikian hasil survei terbaru yang dilakukan para peneliti dari  University of Southern California, AS, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (1/11).

Lebih lanjut mereka mengatakan, bahwa remaja yang mengakses internet melalui ponselnya  lebih dari dua kali lebih mungkin untuk terlibat dalam hubungan seks dengan orang yang mereka temui secara online ketimbang mereka yang tidak memiliki akses.
 
Tak hanya itu, mereka yang memiliki smartphone juga lebih mungkin untuk aktif secara seksual pada umumnya, dan lebih mungkin untuk mengatakan bahwa mereka telah didekati secara seks online.

Peneliti Eric Rice, dari universitas School of Social Work mengatakan, meski smartphone tidak langsung menyebabkan remaja untuk terlibat dalam perilaku seksual berisiko, tapi alat komunikasi tersebut membuat remaja rentan berperilaku seks yang berisiko.

Beranjak dari temuan itulah, ia mengimbau para orangtua agar selalu memantau perilaku anak-anaknya tak hanya saat mereka mengakses internet di komputer, tapi juga di ponsel pintarnya.

Rice juga menyarankan para orangtua untuk memberikan pemahaman kepada anak-anaknya mengenai kesehatan seksual dan pengggunaan teknologi secara bijak agar mereka terhindar dari risiko yang didapat dari seks online.

Sekadar diketahui, penelitian tentang perilaku seks pada remaja pengguna smartphone ini melibatkan sekitar 1.840 siswa SMA di Los Angeles yang disurvei pada tahun ajaran 2010 hingga 2011.

Lima persen mengatakan, bahwa mereka menggunakan internet untuk mencari pasangan seks, dan 17 persen mengatakan telah didekati secara online untuk melakukan hubungan seks.

Penulis: /WEB