Grup G

Timnas Panama

Timnas Panama
Dwi Argo Santosa / AB Jumat, 1 Juni 2018 | 00:00 WIB

Asosiasi: Federacion Panamena de Futbol
Julukan: Los Canaleros, La Marea Roja
Peringkat FIFA : 55 (7 Juni 2018)
Most Caps: Gabriel Gómez (129)
Top Scorer: Luis Tejada (43)
Pelatih : Hernan Dario Gomez (Kolombia)
Tampil: 1 Kali

Panama adalah tim yang tampil untuk pertama kalinya di putaran final Piala Dunia. Prestasi fenomenal tersebut berkat penampilan Los Canaleros selama babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf. Pada laga terakhir kualifikasi Panama mengalahkan Kosta Rika 2-1. Pada saat bersamaan, Amerika Serikat yang difavoritkan bakal lolos justru takluk 1-2 dari Trinidad Tobago. Dengan hasil tersebut, timnas Panama finis di peringkat ketiga di bawah Meksiko dan Kosta Rika.

Sejarah Panama masuk ke putaran final Piala Dunia diperingati Presiden Panama Juan Carlos Varela dengan menjadikan hari libur nasional dan menetapkan para pemain La Marea Roja sebagai pahlawan nasional. Bersama inggris, Tunisia, dan Belgia, kemungkinan Panama hanya akan menjadi penggembira.

Pemain Bintang
Penyerang Panama Gabriel Torres pada 2007 pernah berlatih dengan Manchester United dan sekali di Spanyol bersama Valencia. Pada kesempatan kedua ke Manchester, dia mendapatkan cedera pada hari kedua latihan sehingga harus pulang kampung.

Pada Januari 2010 Torres pindah ke luar negeri lagi untuk bermain untuk tim Kolombia, Atletico Huila bersama rekan senegaranya Amílcar Henríquez dan pada Juli 2011 pindah ke Zamora, di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub pada Februari 2013, yakni 29 gol. Pada 8 Agustus 2013, Torres menandatangani kontrak dengan Colorado Rapids dari Major League Soccer.

Pelatih
Hernan Dario Gomez harus memutar otak setelah laga persahabatan. Mereka dikalahkan Denmark 0-1 pada laga persahabatan di Brondby, Denmark, 22 Maret 2018, kemudian luluh lantak melawan tuan rumah Swiss 0-6, 27 Maret 2018.

Hernan Dario Gomez.

Gomez hanya bisa membenahi lini pertahanan timnya dengan mengubah formasi dari 4-4-2 menjadi 5-4-1 atau 4-5-1. Selama babak kualifikasi, termasuk saat mengalahkan Kosta Rika 2-1, Panama menerapkan formasi 4-4-2 dengan lini depan ditempati Gabriel Torres dan pemain veteran Blas Perez.



Sumber: Suara Pembaruan