Grup G

Timnas Inggris

Timnas Inggris
Dwi Argo Santosa / AB Jumat, 1 Juni 2018 | 00:00 WIB

Asosiasi: The Football Association
Julukan: The Three Lions
Peringkat FIFA : 12 (7 Juni 2018)
Most Caps: Peter Shilton (125)
Top Scorer: Wayne Rooney (53)
Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)
Tampil: 15 Kali (Prestasi Terbaik Juara 1966)

Pencinta sepakbola dari Ingris pasti masih ingat manakala pasukan Three Lions di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 menduduki posisi puncak hrup H Zona Eropa dengan catatan tidak pernah kalah? Namun dalam putaran final Inggris mereka meraih hasil buruk. Perolehan Inggris bahkan dinilai lebih buruk dari tim debutan Bosnia-Herzegovina. Selama fase grup The Three Lions hanya meraih satu angka. Inggris tidak pernah menang, sekali imbang, dan dua kali kalah. Steven Gerrard dkk hanya mencetak dua gol dan kemasukan empat gol.

Pada babak kualifikasi menuju putaran final di Rusia, timnas Inggris mengulang sejarah. Mereka mengakhiri kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan tanpa kekalahan. Apakah ini berarti tanda Inggris bakal kembali mengulang kegagalan di Piala Dunia sebelumnya? Tentu saja tak ada fan yang menginginkan hal itu. Bersama Belgia, Panama, dan Tunisia, Inggris diharapkan tidak terpeleset. Meski memiliki liga terpopuler di jagat raya, timnas Inggris lebih sering gagal di turnamen penting.

Pemain Bintang
Harry Kane adalah pemain paling menonjol karena ialah pencetak gol terbanyak. Total pada musim 2017-2018, Harry Kane mencetak 34 gol dari 42 penampilan di seluruh kompetisi bersama Tottenham Hotspur dan Inggris.

Di Rusia, Harry Kane ditunjuk sebagai kapten Inggris menggantikan peran Gary Cahill dan Jordan Henderson. Meski belum pernah tampil di Piala Dunia sebelumnya, Kane optimistis dengan peluang juara Inggris pada Piala Dunia tahun ini. Penyerang Tottenham Hotspur itu sadar bahwa Inggris bukan tim favorit. Namun, dia menegaskan bahwa status nonunggulan tidak akan merugikan The Three Lions.

Pelatih
Gareth Southgate (47) membawa tim muda Inggris, yakni dengan rata-rata usia 26 tahun dan 18 hari. Dengan squad muda ini diharapkan penampilan Inggris lebih bertenaga.

Gareth Southgate.

Southgate dikontrak selama empat tahun hingga 2020. Mantan pelatih Middlesbrough ini sempat menjadi pelatih interim Inggris setelah Sam Allardyace dipecat. Dilansir dari The Guardian, keputusan menjadikan Southgate pelatih tetap diambil FA--otoritas sepak bola Inggris--setelah tim panel mewawancarainya.



Sumber: Suara Pembaruan