Grup H

Timnas Polandia

Timnas Polandia
Dwi Argo Santosa / AB Jumat, 1 Juni 2018 | 00:00 WIB

Asosiasi: Polski Związek Piłki Nożnej (PZPN)
Julukan: Biało-czerwoni, Orły (The Eagles)
Peringkat FIFA: 8 (7 Juni 2018)
Most Caps: Michał Żewłakow (102)
Top Scorer: Robert Lewandowski (52)
Pelatih: Adam Nawałka (Polandia)
Tampil: 8 Kali (Prestasi Terbaik Peringkat Ketiga 1974 dan 1984)

Polandia tidak masuk sebagai kandidat juara baik di kancah Eropa apalagi dunia. Prestasi biasa-biasa selama ini kelihatan bersinar ketika pada 2016, Polandia lolos ke perempat final Euro 2016 di Prancis. Prestasi itu diikuti dengan sukses lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Pada babak kualifikasi Polandia menjadi jawara grup mengatasi Kazakhstan, Denmark, Armenia, Montenegro, dan Rumania. Dengan 8 kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah membuat Polandia berada di posisi teratas, sedangkan Denmark menduduki peringkat kedua.

Sedangkan di Rusia, Polandia tergabung di grup H bersama Kolombia, Jepang, dan Senegal. Polandia bisa melaju ke babak 16 besar bila dapat mengatasi Jepang dan Senegal.

Pemain Bintang
Tak pelak, striker paling tajam di Jerman, Robert Lewandowski adalah pemain bintang Polandia. Nama Lewandowski mulai dikenal saat bermain untuk Borussia Dortmund pada 2010, di mana ia membantu Die Borussien menghentikan dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga.

Pada 2014, ia justru dipinang Bayern Muenchen yang menjadikannya sebagai salah satu striker tertajam di dunia. Di timnas, Lewandowski pernah membela timnas Polandia U-21, kemudian ke timnas senior dan menjadi top scorer sepanjang masa Polandia dengan mencetak 52 gol dari total 93 penampilannya di timnas senior.

Pelatih
Adam Nawalka (60) sudah menjabat sebagai manajer timnas Polandia semenjak tahun 2013 silam. Artinya pelatih ini sudah sangat menyatu dengan tim.

Adam Nawalka.

Nawalka adalah mantan pemain gelandang di Wisla Krakow dan Polis-American Eagles sebelum akhirnya pensiun pada 1988. Karier kepelatihannya dimulai dengan menangani tim kecil kemudian melatih mantan klubnya, Wisla Krakow, hingga menjadi asisten timnas Polandia pada 2007-2008. Ketika itu Polandia dilatih oleh Leo Beenhakker.



Sumber: Suara Pembaruan