Grup H

Timnas Kolombia

Timnas Kolombia
Dwi Argo Santosa / AB Jumat, 1 Juni 2018 | 00:00 WIB

Asosiasi: Federacion Colombiana de Futbol (FCF)
Julukan: Los Cafeteros (Petani Kopi), La Tricolor (Tiga Warna)
Peringkat FIFA: 16 (7 Juni 2018)
Most Caps: Carlos Valderrama (111)
Top Scorer: Radamel Falcao dan Arnoldo Iguarán (25)
Pelatih: Jose Pekerman (Argentina)
Tampil: 6 Kali (Prestasi Terbaik Perempat Final 2014)

Di fase grup Piala Dunia 2018, timnas Kolombia tergabung di grup H bersama Polandia, Senegal, dan Jepang. Kemungkinan besar Kolombia bakal lolos ke babak 16 besar.

Los Cafeteros melangkah ke Rusia dengan susah payah. Di babak kualifikasi, mereka cuma menempati peringkat keempat. Hasil seri melawan Peru di pertandingan terakhir memastikan tiket untuk pasukan Jose Pekerman ini berangkat ke Rusia.

Di dalam pertandingan uji coba mereka tak terkalahkan sejak November 2017, termasuk ketika meraih kemenangan atas tim nasional Prancis di Paris pada Maret lalu. Terakhir, tim nasional Kolombia bermain imbang 0-0 dengan tim nasional Mesir di Italia, Sabtu (2/6) dini hari WIB.

Pemain Bintang
Radamel Falcao (32) dan James Rodriguez (26) masih merupakan kunci kekuatan Kolombia menuju Rusia. Falcao adalah striker AS Monaco, sedangkan James bermain di Bayern Muenchen.

James Rodriguez.

Pekerman menjadikan pemain Falcao sebagai pusat serangan. Pekerman memang memiliki keuntungan dengan kehadiran Rodriguez dan Falcao sebagai andalan. Mereka berdua pernah satu klub saat masih di AS Monaco, menjadikan kekompakan mereka terjalin secara alami.

Empat tahun lalu James Rodriguez berhasil membawa timnas Kolombia mencapai prestasi terbaik sepanjang partisipasi di Piala Dunia.

Catatan menarik adalah karena ia mendapatkan anugerah golden boot sebagai pencetak gol terbanyak, yakni dengan enam gol. Bukan itu saja, dengan torehan gol tersebut menjadikan James sebagai pemain yang selalu melesakkan gol dalam setiap pertandingan yang dilakoninya. Penampilannya itu membuat sejumlah klub mapan Eropa meliriknya. Ia pun sempat memperkuat klub-klub besar, seperti Real Madrid dan Bayern Muenchen.

Pelatih
Pada 2006, Jose Nestor Pekerman (68) melatih timnas Argentina hingga tim Tango sampai perempat final. Sebelum itu Pekerman sukses menangani timnas Argentina U-20 menjadi juara dunia junior pada 1995, 1997, dan 2001.

Jose Nestor Pekerman.

Pria berkewarganegaraan Argentina dan Israel ini mulai melatih The Cafeteros pada awal 2012 menggantikan Lionel Alvarez. Tidak seperti Alvarez yang menjadikan Kolombia sebagai tim bertahan, Pekerman lebih senang menampilkan sepakbola indah dan menyerang. Kesukaannya pada pemain yang mampu berperan sebagai playmaker membawa perubahan gaya permainan Kolombia.



Sumber: Suara Pembaruan