Grup H

Timnas Jepang

Timnas Jepang
Dwi Argo Santosa / AB Jumat, 1 Juni 2018 | 00:00 WIB

Asosiasi: Japan Football Association
Julukan: Samurai Blue
Peringkat FIFA: 61 (7 Juni 2018)
Most Caps: Yasuhito Endō (152)
Top Scorer: Kunishige Kamamoto (80)
Pelatih: Akira Nishino (Jepang)
Tampil: 6 Kali (Prestasi Terbaik Babak 16 Besar 2002 dan 2010)

Jepang menjadi langganan peserta putaran final Piala Dunia sejak Piala Dunia 1998 di Prancis. Namun, dari lima kali penampilan sebelumnya, prestasi tertinggi hanyalah sampai pada babak 16 besar, antara lain ketika menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2002.

Namun pada Piala Dunia 2006, Jepang hanya menjadi juru kunci grup meski saat itu dilatih oleh legenda Brasil, Zico. Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Jepang kembali berhasil lolos ke babak 16 besar. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, Jepang kembali terpuruk. Mereka hanya menjadi juru kunci Grup C.

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Jepang akan berlaga di Grup H, yang diisi Senegal, Polandia, dan Kolombia. Peluang untuk lolos memang berat, meski bukan tidak mungkin dilalui pasukan Samurai Biru.

Pemain Bintang
Keisuke Honda termasuk salah satu ujung tombak Jepang di bagian depan. Honda memulai karier profesionalnya bersama dengan Nagoya Grampus. Ia pernah bermain di klub asal Belanda, Venlo. Penampilannya di Venlo membuat CSKA Moskow menariknya pada 2010. Bersama CSKA, Honda tampil dalam Liga Champions musim itu dan mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas kaki kiri yang membantu timnya sukses mengalahkan Sevilla. CSKA pun melaju ke perempat final turnamen sepakbola antarklub paling bergengsi di Eropa tersebut.

Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Honda menyumbang satu gol kemenangan atas Kamerun. Ia juga mencetak gol indah ke gawang Denmark dan membawa Jepang menang 3-1. Pada turnamen itu Jepang mencapai babak 16 besar.

Pelatih
Samurai Biru secara mengejutkan mengganti pelatih Vahid Halilhodzic yang berjasa besar mengantarkan Jepang lolos ke putaran final di Rusia dengan status juara grup di fase kualifikasi. Federasi Sepakbola Jepang (JFA) menunjuk Kepala Komite Teknik JFA, Akira Nishino sebagai pengganti. Alasan pemecatan Halilhodzic disebut karena ia tidak akur dengan sebagian besar pemain timnas. Nishino adalah pelatih yang mengantarkan Gamba Osaka juara J-League pada 2005 serta Liga Champions Asia 2008.



Sumber: Suara Pembaruan