Grup H

Timnas Senegal

Timnas Senegal
Dwi Argo Santosa / AB Jumat, 1 Juni 2018 | 00:00 WIB

Asosiasi: Federation Senegalaise de Football
Julukan: Les Lions de la Teranga (Singa Teranga)
Peringkat FIFA: 27 (7 Juni 2018)
Most Caps: Henri Camara (99)
Top Scorer: Henri Camara (29)
Pelatih : Aliou Cisse (Senegal)
Tampil: 2 Kali (Prestasi Terbaik Perempat Final 2002)

Senegal adalah satu dari tiga negara Afrika yang punya sejarah sampai ke perempat final atau delapan besar Piala Dunia. Senegal melaluinya pada 2002 atau 16 tahun lalu. Sedangkan dua negara lain adalah Kamerun (Piala Dunia 1990), dan Ghana (2010).

Senegal memiliki cerita paling menarik ketika merengkuh babak delapan besar. Pada Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, timnas Senegal adalah negara debutan yang langsung tergabung di grup neraka bersama juara bertahan Prancis, Denmark, dan Uruguay. Siapa yang menyangka mereka bakal lolos mengingat Denmark adalah juara Piala Eropa 1992 dan Prancis adalah juara Dunia 1998 dan juara Piala Eropa 2000. Sedangkan Uruguay adalah raksasa sepakbola Amerika Selatan bersama Brasil serta Argentina. Pada kenyataannya Senegal melenggang jauh.

Namun, setelah kejayaan itu Senegal justru tidak pernah lagi mampu tampil di putaran final Piala Dunia hingga Piala Dunia 2018. Kini Senegal bergabung dengan grup yang lebih ringan ketimbang lawan-lawan pada 2002, yakni Polandia, Kolombia, dan Jepang. Senegal seharusnya mampu berbuat lebih daripada sekadar sebagai penggembira, yakni hanya tampil di babak awal.

Pemain Bintang
Penyerang Liverpool, Sadio Mane (26) adalah bintang lapangan di tim Singa Teranga. Sepak terjang Mane di kancah klub Inggris itu sudah mendunia. Kini ia akan memimpin tim nasional Senegal di Rusia di bawah pelatih Aliou Cisse. Mane diharapkan mampu memberikan dobrakan serangan, dengan penyerang Monako Keita Balde, gelandang West Ham Cheikhou Kouyate dan pemain tengah Everton, Idrissa Gueye.

Mane telah mencetak 19 gol di seluruh kompetisi musim ini untuk Liverpool, membantu tim asuhan Juergen Klopp tersebut finis di urutan keempat di Liga Premier Inggris dan mencapai final Liga Champions meski akhirnya kalah oleh Real Madrid.

Pelatih
Aliou Cisse (42) adalah salah satu pemain Senegal yang tampil lar biasa pada Piala Dunia 2002 di Jepang-Korea. Bahkan dia adalah pemegang ban kapten ketika itu. Kini Cisse berangkat memimpin pasukan Singa Teranga sebagai pelatih.

Ia memimpin tim Senegal generasi baru yang diisi oleh Sadio Mane, Cheikh Kouyate, dan M’Baye Niang.

Cisse menduduki kursi pelatih sejak 2015. Setelah berhasil membawa Senegal ke perempat final Piala Afrika 2017, Cisse juga sukses membawa tim ke Piala Dunia. Apa yang bisa diingat dari Cisse adalah penampilannya kini. Sangat mungkin ia adalah pelatih paling eksentrik yang ada di Piala Dunia 2018. Gaya rambut dreadlock dan kacamata bergagang tebal lebih mengesankan Cisse sebagai seorang musisi reggae daripada seorang pelatih sepakbola.



Sumber: Suara Pembaruan