Anggota Komisi II DPR Ganjar Pranowo

Jakarta - PDI Perjuangan dikabarkan akan mengumumkan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Heru merupakan kader PDIP yang kini menjabat Bupati Purbalingga.

"Pasangannya adalah Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko," kata seorang sumber di Internal PDIP yang menolak disebutkan identitasnya, Selasa (5/3).

Plt. Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, M.Prakosa, saat dihubungi menolak menyebutkan kebenaran kabar pasangan Ganjar-Heru tersebut. Dia hanya memastikan PDI Perjuangan akan mendaftarkan calonnya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah, malam ini.

"Yang pasti sudah ada nama, baru tadi jam 12.00 siang rekomendasinya ditandatangani. Yang disampaikan adalah calonnya adalah kader PDIP. Wakilnya juga kader kita," ujar Prakosa.

Ganjar adalah kader PDIP yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR. Pria bertubuh tinggi kurus itu adalah salah satu figur yang berhasil menyelesaikan UU Yogyakarta yang kontroversial dan sempat memicu panasnya hubungan pemerintah pusat dan kesultanan Yogyakarta.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/WBP