Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Jakarta - Teka-teki dalam Partai Demokrat (PD) mengenai penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) atau menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) mulai terkuak. Informasi dari elite PD yang berada di Majelis Tinggi (MT) partai mengarah pada rencara PD akan menggelar KLB.

"Tunggu saja sampai besok (Minggu, Red). Kemungkinan kami akan rapat besok, tetapi kami sedang menunggu arahan dari Ketua MT," ujar sebuah sumber di Jakarta, Sabtu (9/3).

Ketua MT adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Presiden RI. SBY, yang selama seminggu mengunjungi Jerman dan Hungaria, baru saja pulang pagi ini dari kunjungan luar negerinya.

Sumber itu menjelaskan pilihan KLB diambil karena telah mencermati jawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas apa yang diminta PD. KPU tampaknya tidak menerima permintaan PD.

"Secara eksplisit KPU telah mengatakan itu. Jadi pilihan bagi kami adalah KLB. KLB lebih baik," tuturnya.

Pekan lalu, PD telah mengirim surat ke KPU. Mereka meminta pandangan KPU terkait kekosongan Ketua Umum PD saat ini. PD meminta apakah boleh Plt menandatangani daftar calon legislatif sementara (DSC) pemilu 2014 sebagai pengganti Ketum.

Namun KPU tampaknya tidak membolehkan hal tesebut karena UU Partai Politik menyebutkan DCS harus ditandatangani Ketum atau sebutan lainnya sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai. UU tidak menyebutkan adanya Plt.

Suara Pembaruan

Penulis: R-14/FEB

Sumber:Suara Pembaruan