Sekjen PKS Muhammad Taufik Ridho.

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan akan mendaftarkan calon legislatif yang akan diajukan di pemilu 2014 mendatang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam waktu dekat.

Sekjen PKS, Taufik Ridho, mengatakan pada awalnya mereka berencana menyampaikan Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPU pada hari ini, yakni pada saat hari pembukaan pendaftaran.

Namun karena terkendala pengiriman berkas caleg dari daerah-daerah yang jauh dari Jakarta, PKS membuat perencanaan baru.

"Insya Allah, hari Kamis lusa kami bisa mendaftar ke KPU," kata Taufik di Jakarta, Selasa (9/4).

Sebanyak 487 caleg untuk DPR RI sudah siap untuk diusung oleh PKS dalam pemilu mendatang. Diantara mereka ada nama-nama yang sudah dikenal publik seperti Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid dan mantan Gubernur Jakarta, Adang Darajatun.

Selain itu, dua menteri dari PKS, yakni Tifatul Sembiring dan Menteri Pertanian Suswono juga akan maju.

"Penyiapan caleg PKS ini sudah berlangsung sejak setahun lalu diawali dengan pemilu raya, yaitu kader memilih kader lainnya yang potensial untuk diuji dalam tahapan-tahapan seleksi yang ketat," paparnya.

Sementara Presiden PKS, Anis Matta, dan Taufik Ridho sendiri tidak akan maju menjadi calon anggota legislatif dalam pemilu 2014. Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Untung Wahono juga tidak akan maju.

"Semua akan berkonsentrasi memegang kendali dan strategi pemenangan PKS untuk mencapai target 120 kursi di DPR," kata Taufik.

Untuk caleg perempuan, Taufik memastikan pihaknya akan mengajukan dengan jumlah 35 persen dari total caleg.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/FMB