Julian Aldrin Pasha, Juru Bicara Presiden

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mempertimbangkan calon kapolri dan panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru yang siap mengamankan Pemilu pada tahun 2014. Faktor pengamanan pada pesta rakyat lima tahunan itu menjadi hal krusial.

"Mengingat bahwa pentingnya penyelenggaraan keamanan Pemilu 2014 maka akan menjadi pertimbangan pula, posisi Kapolri bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan konsolidasi kedalam," demikian disampaikan Julian Aldrin Pasha di kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (11/4).

Kapolri Timur Pradopo dan Panglima TNI Agus Suhartono akan memasuki masa pensiun. Panglima akan diganti pada tahun ini sementara kapolri pada awal tahun depan. Meski demikian hingga saat ini menurut Julian keduanya belum menyodorkan calon pengganti kepada presiden.

Tak hanya dua posisi itu, Presiden SBY juga akan mengisi posisi jabatan menteri keuangan sebab Agus Martowardojo terpilih sebagau Gubernur Bank Indonesia (BI).

"Sampai saat ini presiden masih mempertimbangkan siapa yang paling tepat menduduki pos menkeu, pada saat yang tepat nanti kita akan mengetahui siapa menteri keuangan yang akan menjalankan tugas," kata Julian

Penulis: Ezra Sihite