Ketua KPU, Husni Kamil Manik.

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik mengatakan, proses verifikasi berkas bakal calon anggota lembaga legislatif (bacaleg) akan diumumkan pada Selasa (7/5) mendatang. Menurutnya, KPU saat ini sedang melakukan pengecekan ulang.

"Tanggal 6 Mei kita akan rapat, tanggal 7 sampai 8 Mei kita akan beritahu. Tapi rencananya kita akan melakukan pemberitahuan dan pengumuman tanggal 7 Mei," ujar Husni, di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (2/4).

Untuk nama-nama bermasalah seperti bacaleg Partai Bulan Bintang (PBB) Susno Duadji, Husni mengaku tak ingin terburu-buru dan memberikan kemungkinan hasilnya.

"Jangan mungkin-mungkin, yang pasti-pasti saja. Jadi, tanggal 7 atau 8 Mei, jadwal kita beritahu. Posisi sekarang, kita tinggal mengulang saja pembacaan terhadap dokumen-dokumen, supaya lebih hati-hati. Mana tahu nanti ada yang tidak memenuhi syarat dinyatakan memenuhi syarat, atau sebaliknya, supaya yang seperti sekarang tidak terjadi," lanjutnya.

Untuk diketahui, KPU melakukan verifikasi terhadap syarat pengajuan pencalonan dan syarat bakal calon dari tanggal 23 April sampai 6 Mei 2013. Hasil verifikasi itu akan disampaikan kepada partai politik pada tanggal 7-8 Mei 2013. Partai lantas akan diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan pada 9 sampai 22 Mei 2013.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar calon lantas dilaksanakan dari 23 sampai 29 Mei 2013. Sementara penyusunan dan penetapan DCS dilakukan pada 30 Mei sampai 12 Juni 2013, serta pengumuman DCS akan dilaksanakan pada 13 sampai 17 Juni 2013.

 

Suara Pembaruan

Penulis: WIN

Sumber:Suara Pembaruan