Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sedang menyampaikan pidato politik.

Jakarta - Aburizal Bakrie (ARB) dan Wiranto merupakan tokoh partai politik (parpol) yang paling banyak dipilih sebagai calon presiden. Sementara itu untuk parpol, PDIP dan Golkar menjadi favorit.

"Mengenai Capres dari kalangan parpol, ARB dan Wiranto paling banyak dipilih responden," kata Peneliti Utama Lembaga Survei Nasional (LSN) dalam penjelasan hasil survei, Minggu (5/5).

Dijelaskannya, berdasarkan temuan LSN, kecenderungan perilaku memilih, pemilih pemula agar berbeda dengan perilaku pemilih masyarakat. Karakter pemilih utama lebih otonom dan bersifat nasional.

Dalam pertanyaan yang diajukan LSN ketika survei, sebanyak 18,6% responden memilih ARB dan 16,4 % memilih Wiranto.

Sebaliknya, capres Prabowo Subianto yang elektabilitasnya selalu teratas di dalam berbagai hasil survei, ternyata di kalangan pemilih pemula hanya didukung oleh 12,5 persen.

Survei LSN dilakukan di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei diambil dari pemilih usia 16 sampai dengan 20 tahun, atau mereka yang baru pertama kali memilih.

Sampel diambil dari sebanyak 1230 responden yang diperoleh dari teknik purposive random sampling dengan margin error sebesar 2,8 %.

Penulis: Y-7/AF