Ilustrasi Partai Amanat Nasional (PAN)

Menunjukkan kesiapan dan kepiawaian Ketua Umum PAN Hatta Rajasa.

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat telah mengumumkan hasil verifikasi administrasi terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) yang diserahkan 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014, Selasa (7/5).

Dari hasil verifikasi itu, Partai Amanat Nasional (PAN) adalah partai yang paling siap administrasinya dan paling banyak meloloskan bakal calon anggota legislatif (caleg)-nya.

Kader PAN Laode Ida menegaskan fakta yang diumumkan KPU itu membuktikan bahwa PAN adalah paling siap bertarung di Pemilu mendatang.

"Sejak awal saya beranggapan PAN adalah partai yang paling siap bertarung di Pemilu 2014 ini, dan itu terbukti saat ini,” kata Laode di Jakarta, Rabu (8/5).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang juga bakal caleg PAN untuk tingkat DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengara (Sultra) nomor urut 1 mengemukakan sebelum bergabung ke PAN, dia melihat PAN adalah partai yang paling siap diantara partai-partai lainnya menghadapi Pemilu mendatang.

Dalam hal yang paling sepele misalnya, persoalan administrasi, semuanya ditangani oleh orang-orang yang handal.

Secara tidak langsung, hal ini menunjukkan kesiapan dan kepiawaian Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang mampu memimpin PAN sebagai yang terbaik.

"Kesiapan partai dalam pemilu itu kan dapat dilihat dari dua hal, kesiapan administrasi dan kesiapan gerakan di lapangan untuk meraih dukungan massa, dan PAN telah membuktikannya dengan baik di awal tahapan awal ini. PAN memang dipimpin oleh orang-orang yang handal,” ujar Laode.

Hal senada dikatakan bakal caleg PAN dari dapil Jawa Tengah (Jateng) I, Yayuk Basuki. Dari sejumlah partai yang pernah diliriknya, PAN memang merupakan partai yang sangat sistematis dalam menjaring serta mempersiapkan dokumen administrasi para bakal calegnya.

"Saya melihat PAN sudah siap sejak awal. Insya Allah, PAN akan meraih kursi terbanyak di Pemilu mendatang, saya optimis,” kata Yayuk Basuki.

Di tempat terpisah, Ketua Harian Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN, Putra Jaya Husin mengatakan, hasil verifikasi administrasi DCS yang diumumkan KPU kemarin adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa kami PAN adalah partai yang paling siap berlaga di Pemilu 2014.

"Kami bekerja keras untuk memberikan yang terbaik, semua kami lakukan dengan sungguh-sungguh sebagai jawaban atas tuntutan masyarakat agar partai memberikan yang terbaik untuk Bangsa, pada tahap awal dapat dibuktikan PAN telah berhasil meloloskan 396 bakal caleg,” ujarnya.

Suara Pembaruan

Penulis: R-14/FER

Sumber:Suara Pembaruan