Benny Wenda, tokoh OPM yang gencar melakukan lobi internasional.

Jakarta - Tokoh Organisasi Papua Barat Merdeka, Benny Wenda, diketahui baru saja berpidato di Australia, meminta bantuan negara itu agar membantu proses pemerdekaan mereka dari Indonesia. Pidato Benny Wenda yang disampaikan di Panggung TedxSydney 2013 itu pun menuai reaksi dari para anggota DPR.

Anggota Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR, Tjahjo Kumolo, mengatakan bahwa pemerintah sebaiknya segera meluncurkan protes keras kepada Australia atas adanya kejadian itu.

"Kalau Australia melindungi, saya kira Kemlu (Kementerian Luar Negeri) perlu protes kepada Australia," tegas Tjahjo di Jakarta, Senin (13/5).

Dikatakan Tjahjo, hal demikian perlu ditegaskan, karena keberadaan Benny Wenda di Australia sama saja dengan sikap tak kooperatif (Australia) sebagai negara sahabat. Dalam konteks hubungan bilateral menurutnya, persahabatan bisa dirusak karena insiden demikian.

"Selama ini kan Australia dan Indonesia berkomitmen menjadi negara sahabat," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Sebelumnya, Benny Wenda sudah mengguncang Indonesia karena dibiarkan oleh (pemerintah) Inggris dan Jerman membuka kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka di wilayah negara-negara itu.

 

Penulis: Markus Junianto Sihaloho