Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang dinyatakan telah masuk dalam daftar caleg sementara (DCS), mulai hari ini Kamis (13/6).

"Diumumkan melalui website resmi KPU di www.kpu.go.id dan besok diumumkan di media cetak," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah kepada Suara Pembaruan, Kamis (13/6).

Ferry menjelaskan, ada perbedaan format yang akan digunakan KPU saat mengumumkan DCS. Format itu dilengkapi pencantuman data diri caleg secara lebih lengkap, seperti pencantuman foto, alamat, serta daerah pemilihan caleg. Sementara untuk media cetak hanya mencantumkan nama dan keterangan kota asal.

"Dengan format baru ini, diharapkan masyarakat lebih mudah melakukan pengawasan," kata Ferry.

Seperti diketahui, sebanyak 6.637 berkas bakal caleg diajuakan oleh parpol peserta pemilu kepada dari 77 daerah pemilihan yang ada. Jumlah itu mengalami peningkatan dari jumlah sebelumnya yang hanya 6.577 berkas bacaleg.
Meski demikian, dari 6.637 berkas, hanya 6.560 berkas bakal caleg yang dapat masuk di dalam DCS.

Dari jumlah itu, sebanyak 2.445 caleg perempuan dan 4.115 merupakan caleg laki-laki. Dengan jumlah prosentase keterwakilan perempuan sebesar 38 persen. Sebanyak 77 berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Para bacaleg yang telah dicoret tersebut, kata Ferry, sudah tidak dapat diganti dengan caleg lain oleh parpol. KPU, lanjut Ferry, hanya akan memberikan kesempatan kepada parpol untuk menggantikan bacalegnya asal memenuhi tiga kriteria.

Pertama, bacaleg yang diajukan oleh parpol meninggal dunia. Kedua, bacaleg yang diajukan oleh parpol menyatakan mengundurkan diri. Ketiga, karena ada tanggapan dari masyarakat yang menyatakan seorang bacaleg bermasalah.

Sesuai tahapan, penyusunan DCS dilakukan dari tanggal 30 Mei sampai 12 Juni 2013. DCS disampaikan ke publik pada tanggal 13 Juni. Masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan masukan dan tanggapan selama 14 hari sejak tanggal 14 sampai 27 Juni 2013. Masukan dan tanggapan itu akan diklarifikasi kepada partai politik dari tanggal 28 Juni sampai 4 Juli 2013.

Jika dalam klarifikasi yang dilakukan terbukti ada calon yang tidak memenuhi syarat, KPU memberi kesempatan kepada partai untuk menggantinya. Petugas melakukan verifikasi lagi terhadap syarat bakal calon pengganti tersebut. KPU menyusun daftar calon tetap (DCT) pada tanggal 9 sampai 22 Agustus 2013.

 

Lihat juga video DCS Akan Dirilis Melalui Situs KPU

-

Suara Pembaruan

Penulis: WIN/WBP

Sumber:Suara Pembaruan