Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Nurhayati Assegaf.

Jakarta – Tokoh-tokoh perempuan berpeluang diundang untuk mengikuti konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat (PD). Namun, PD menyerahkan sepenuhnya undangan terhadap tokoh perempuan kepada Komite Konvensi.

“Sekarang ini memang belum muncul tokoh perempuan yang bakal ikut konvensi. Nanti Komite-lah yang bakal menentukan siapa saja yang layak diundang,” kata Wakil Ketua Umum PD Nurhayati Assegaf di Jakarta, Senin (6/8) malam.

Dia menyatakan, PD tidak mendikotomikan perempuan dan laki-laki. “Ada atau tidaknya perempuan ikut konvensi, tidak berarti Demokrat tidak pro perempuan. Kita tunggu saja,” ujar Ketua Fraksi PD DPR ini.

Meskipun demikian, dia berharap partai politik (parpol) lain bisa mengusung perempuan menjadi capres. “Kalau capres PD bukan perempuan, kita harap parpol lain bisa calonkan perempuan. Mari sama-sama kita dorong perempuan untuk maju, tidak hanya di lini kedua atau ketiga tapi juga di lini atas atau pengambil keputusan,” ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh perempuan disebut-sebut akan diundang konvensi seperti mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Gubernur Jawa Tengah demisioner Rustriningsih.

 

Penulis: C-6/YS

Sumber:suarapembaruan